Sunday, May 27, 2018

Hair Experiment & Review: Cat Rambut Miranda MC2, MC13, &MC16 (Before & After Picture)


Note: Review khusus buat reader cewek 😊
Reader cowok bisa main ke updated review di bawah siniπŸ‘‡
**(UPDATE - review lanjutan + Before-After) πŸ‘ˆ klik di sini


Hampir setahunan ini saya ketagihan main bleaching. Awalnya cuma ujung-ujung aja (ombre) lalu sedikit demi sedikit berani agak pede dengan mulai nyoba balayage dan bikin babylights (semacam highlights tapi lebih samar dan natural). Ehh ternyata bleaching itu jadi nagih buat saya. Soalnya bikin takjub, tadinya warnanya gini, eh bisa jadi gitu. Kaya nonton sulap. Jadilah kalo lagi suntuk, saya suka iseng nambahin helai rambut buat dibleaching wakakakaka...... Alhasil, rambut di kepala yang tadinya babylights sekarang mulai jadi highlights, mana chunky lagi a.k.a banyak-banyak.

Trus sekarang jadi bingung, ni rambut warnanya brassy belang-belang enaknya diapain. Ada yang berhasil sampe level 9-10 (kuning-kuning pucat), ada yang masih stuck di oranye keemasan dan oranye kemerahan. Kalau pakai color wheel theory, saya butuh banyak warna buat melawan brassiness hasil keisengan ini wahaha....

Tahapan bleaching rambut

Color wheel theory (sumber)


Saya jadi ingat, pernah nemu video bule (di sini) tentang cara praktis membasmi warna brassy di rambut dark blonde pakai cat semi permanen warna silvery grey. Kalau menurut gambar color wheel di atas, sebetulnya warna abu-abu gak masuk hitungan untuk color correction. Tapi si cewek bule tadi sukses tuh, hasilnya oke. Saya jadi penasaran juga toh.

Nah selanjutnya saya pun hunting cat rambut warna abu-abu. Yang jadi masalah, pewarna rambut semi permanen sepertinya kurang populer. Merk yang bisa dibeli secara bebas sangat terbatas pilihannya. Mau ikut PO jastip atau cari di Ebay agak males, soalnya cuma mau coba-coba ini, mending murah-murah aja dulu lah. Satu merk yang cukup menarik perhatian saya adalah Miranda. Varian warnanya yang terbaru sepertinya cukup ngehits juga, MC-16 dengan label Ash Blonde. Kalo gambar rambut cewek di boksnya sih bukan blonde tapi abu-abu. Entah gimana nanti hasilnya. Kalaupun gagal, harga sembilan ribuan sih mestinya gak bikin nyesek-nyesek amat.

Selain Miranda shade MC-16 Ash Blonde, saya juga jaga-jaga beli MC-2 Blue untuk melawan oranye dan MC-13 Rose Purple untuk melawan kuning. Rencananya mau dicampur semua dengan perbandingan 1 tube MC-16 dan masing-masing sekitar 1/3 atau 1/2 tube untuk MC-13 dan MC-2.

Bahan-bahan yang digunakan

Kelengkapan isi boks

Petunjuk bahasa Indonesia
di samping boks

Petunjuk Bahasa Inggris
di sisi satunya

Peralatan mewarnai rambut
Jangan lupa tisu dan cermin

Hari Pertama - Miranda MC-2 dan MC-13
Saya awalnya mencampurkan warna biru dan rose purple terlebih dahulu. Perbandingannya 1/3 tube (10gr) biru dan 1/2 tube (15gr) rose purple. Di atas, saya sempat menyebutkan ada rencana mencampur ketiga warna Miranda yang saya beli. Tapi setelah meracik warna biru dan rose purple, saya ganti rencana. Mendadak inget, saya pernah nemu beberapa review bahwa mencampur biru dan rose purple bisa menghasilkan warna abu-abu juga. Okelah coba ini aja dulu. Langsung saya tuang aja developer 10vol Makarizo dengan takaran 25gr (ratio 1:1 dengan krim pewarnanya).

Timbangan dapur digital
Murah kok, cuma 30an ribu

Saya baru kali ini kenalan langsung sama pewarna rambut Miranda. My first impression adalah aroma amonianya alamaakkkk..... Sumpah gak tahan, pengen muntah. Saya sampai ngacir pindah tempat ke area rumah yang lebih terbuka. Waktu lihat adonan pewarnanya, saya sempet bimbang. Duh apa tega ya rambut ini ditemploki benda yang baunya menjijikkan gini.

Akhirnya tetep ditega-tegain aja sambil meringis-ringis nahan bau. Dan ternyata warna hasilnya adalah gelap segelap-gelapnya.... Rambut saya jadi jet black a.k.a level 1 wakakakakaka.... Mungkin harusnya saya ikut-ikutan nyampur pakai conditioner kaya orang-orang biar warnanya gak terlalu kuat. Yahh namanya juga baru pertama nyoba. Well oke, katanya Miranda ini gampang luntur. Kayanya saya jadi harus sering keramas nih.

Hari Ke Dua - MC-16 Ash Blonde
Sebelumnya, ketika mengecat pakai MC-13 dan MC-2, saya membagi rambut saya menjadi 3 layer horisontal, dari luar ke dalam. Karena rambut saya panjang dan helaiannya banyak, adonannya gak cukup untuk semuanya, jadi saya batasi hanya kena layer pertama (terluar) sampai layer ke dua saja. Nah layer ke tiga yang tak tersentuh adalah yang paling dalam. Layer ini adalah area rambut yang paling banyak kena eksperimen bleaching, jadi paling terang. Potensial diwarnai apapun sehingga cocok untuk eksperimen ash blonde.

Nahh Miranda MC-16 ini ternyata agak beda. Sepertinya isinya sudah mengalami revisi. Sebelum menuangkan krim developer, saya sempat menyiapkan mental, bersiap untuk menghadapi lagi aroma yang memabukkan. Eh ternyata tidak, sodara-sodara, memang baunya masih ada tapi gak terlalu kuat. Sewaktu eksekusi dua warna yang sebelumnya, saya rasanya kaya duduk di dalam got mampet yang mana air gotnya buat keramas huhu.... Yang ini enggak. Sebagai orang yang sudah biasa mewarnai maupun bleaching rambut sendiri, saya menganggap Miranda shade MC-16 memiliki aroma amonia yang masih bisa ditolerir.

Ada satu lagi yang saya perhatikan. Pewarna rambut Miranda ini pedes di mata. Ehhh saya bukannya ngolesin ke mata lho. Tapi kalau pas ngerjain rambut sekitar wajah (fringe area), mata berasa semriwing. Beneran kuat banget amonianya. Jadi rambut di fringe area musti ditarik jauh-jauh dari wajah sewaktu mengaplikasikan pewarnanya.

Hasilnya
Sewaktu proses pewarnaan, entah kenapa sepertinya
ada segumpal rambut yang ketinggalan.
Baru liat pas udah dibilas.
Tapi jadinya malah jadi gampang buat bikin penampakan before-afternya.

Di atas, saya sempat komentar kan bahwa gambar rambut cewek di kotaknya bukan ash blonde melainkan abu-abu. Ternyata memang hasil warnanya abu-abu gelap, plus ada samar-samar kehijauan. Hijaunya seperti apa yaa, mungkin bisa dibayangkan semacam perpaduan lumut dan lumpur. Lalu di bagian rambut yang bleachingnya gak sampai kuning terang (hanya oranye kemerahan), warna brassy orange-nya berhasil hilang tapi gak jadi lebih gelap ketimbang bagian ujung. Jadinya rambut saya yang sebelumnya gradasi gelap ke terang, hasilnya malah jadi belang. Bagian atas yang masih virgin berwarna gelap, masuk ke area bleaching bertransisi menjadi cokelat, tapi di ujung balik gelap lagi menjadi keabu-abuan.

Setelah 3-4 kali cuci rambut,
MC-16 mulai pudar abu-abunya

menjadi greyish blonde

Setelah 5-6 kali cuci rambut
Greyish blonde hasil dari MC-16 

yang ada di foto sebelumnya 
memudar jadi dark ash blonde.
Sementara rambut hitam hasil
gabungan MC-2 dan MC-13
memudar jadi abu-abu

Kesimpulannya?
- Gabungan shade MC-2 dan MC-13 menghasilkan warna gelap dan dapat memudar menjadi abu-abu (pure grey).
- Shade MC-16 Ash Blonde pada rambut yang dibleaching sampai kuning (level 9-10) hasilnya abu-abu gelap agak kehijauan dan dapat memudar jadi light ash brown atau dark ash blonde.
- Shade MC-16 Ash Blonde dapat mengurangi brassy pada rambut oranye menjadi cokelat natural.
- Berbeda dengan MC-2 dan MC-13, aroma amonia pada MC-16 jauh lebih samar
- Pewarna rambut Miranda mengeluarkan gas amonia yang kuat sehingga berasa pedas di mata. Sebaiknya mengaplikasikannya dijauhkan dari wajah
- Harganya murah meriah
- Mudah dibeli secara online
- Catatan pribadi: Aroma conditioner bawaannya lebih mirip body lotion dan gak terlalu membantu menutupi sisa-sisa bau amonia setelah dibilas.
- Pada Miranda MC-16, rupanya ada tiga macam warna swatch yang ditunjukkan di boksnya. Jadi bagaimana kesesuaian hasil dengan swatchnya? Hmmm disimpulkan sendiri dari gambar di bawah ini aja deh

Timeline hasil pewarnaan
di bawah natural light
Menurut saya, pewarna rambut Miranda ini lumayan oke, dapat menjadi alternatif pilihan andai dalam keadaan darurat harus nutup rambut yang gagal hasil bleaching. Ketidakawetan warnanya justru menguntungkan karena gak membuat saya terpaksa terikat pada satu warna rambut dalam jangka waktu lama. Sembari menunggu warnanya memudar, bisa memberi waktu berpikir enaknya setelah ini rambutnya diapain lagi yaa. Tapi secara pribadi, baunya sebetulnya bikin agak-agak males mengulang pengalaman ini lagi haha.....

145 comments:

  1. Kak, saya coba cat pake miranda yang MC 16, tapi kok hasilnya gak bisa abu ya, sudah saya bleaching, tapi warnanya tetap terang, bahkan malah menjadi kuning, kenapa ya kak? Mohon solusinya, terus berdasar review dari youtube, saya pake cream developernya makarizo yg volum 40 gitu makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Sebisa mungkin kita menghindari 40vol karena berpotensi merusak rambut. Biasanya 40vol dipakai untuk bleaching dan krim pewarna jenis highlift. Sementara kl untuk mewarnai maksimal 30vol, di atas itu bisa merusak pigmen warna di dalam cat dan bikin warna rambut semakin terang.

      Delete
    2. Hallo kak rambutku sebelumnya sudah diwarna golden brown gitu, aku mau ubah warna jd ash brown gitu pake majirel 8.1 kira2 oxydant yang cocok brpa % ya?

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. Saya memakai ash blonde MC16 tapi setelah selesai warnanya malah kebiruan bukan abu abu, saya ingin abu terang bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Halo...
      Kebiruan bisa jadi karena basic warna abu2 mengandung biru. Abu2 te rang maksudnya abu2 muda? Tinggal sering dikramasin aja, kalau perlu pakai air anget supaya cepat luntur. Jangan lupa pakai conditioner supaya rambutnya gak kering. Maaf baru lihat postingannya jd agak telat jawabnya

      Delete
  4. Biar jadi abu" terang perlu di bleaching dulu gak sih?? Kalau perlu di bleaching nya sampai putih apa gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya perlu bleaching sampai mentok, bukan sampai putih. Kebetulan saya baru aja kelarin tulisan tentang bleaching. Ditunggu ya :)

      Delete
  5. Kalo ga di bleaching warnanya keluar ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa keluar tanpa bleaching tapi hasilnya jauh dari contoh display di kotaknya. Kemungkinan bakal coklat kemerahan. Kebetulan saya baru aja kelarin tulisan tentang bleaching. Ditunggu ya :)

      Delete
    2. Aku baru coba tanpa bleaching hasilnya coklat dong lucu sih tp diluar ekspektasi dr warna abu2

      Delete
    3. Iya, gak akan bs jadi abu-abu karena pigment asli rambutnya masih dominan. Palingan cuma ngasih hasil rambut agak lebih terang aja sebagai efek proses kimia antara amonia di dalam krim pewarna dan developer

      Delete
  6. Kalo ga di bleaching warnanya keluar ga ya

    ReplyDelete
  7. kalooo bleaching + ash blonde jadi nyaa apa yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bleachingnya gak sampai level 9/10, ash blondenya gak keluar. Mungkin jadi kecoklatan

      Delete
  8. kalo mau warna ash brown gitu mix nya warna abu sama coklat apa ya sis?jd aku mau warnain warna abu coklat yg pucat,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dicampur coklat, kemungkinan malah gelap, sis. Sepertinya abu aja cukup utk netralin warna warm. Tapi sebaiknya strand test dulu aja sebelum dipakai sekepala.

      Delete
    2. Kenapa miranda golden brown ko warnanya bisa berubah ya jd abu abu itu knapa si

      Delete
    3. Kenapa miranda golden brown ko warnanya bisa berubah ya jd abu abu itu knapa si

      Delete
    4. Halo..
      Maaf kurang tau juga ya kl ini, soalnya belum pernah pakai Miranda golden brown. Secara teori warna golden brown seharusnya coklat keemasan, relatif dominan kuning-merah

      Delete
  9. Itu mkstnya yang bleaching level 1-10 gmna kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba baca postingan saya ttg level bleaching di sini ya https://seeing-thru-my-eyes.blogspot.com/2018/10/diy-bleaching-rambut-sampai-putih-part.html

      Delete
  10. Kak kalo cuma sekotak cukup gak sih? Apa minimal 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung panjang-pendek dan lebat-jarangnya rambut. Satu boks isinya 30ml krim pewarna dan 30ml cairan developer, saya kira cukupckalau untuk rambut pendek sebahu yang gak begitu lebat. Kalau ragu2 mending siap 2 boks aja. Lebih baik kelebihan ketimbang kurang lalu rambutnya belang-belang hehe

      Delete
  11. ka rambut aku basic nya light golden brown gitu mirip warna tembaga, sebelumnya juga udah di bleaching, kira kira kalau cat warna ashblonde hasilnya apa ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm apa ya.. cool brown mungkin. Coba strand test dulu aja pakai sample bbrp helai rambut utk ngecek hasilnya

      Delete
  12. Kira kira kan rambutku hitam pekat aku kasih golden brown keluar gak sih warnanya tanpa di bleaching?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitamnya asli atau krn diwarna? Kalau hitam asli, untuk sekedar jadi lebih terang aja bisa. Tapi kalau mau sama seperti yang di kotaknya kemungkinan besar gak bisa tanpa bleaching. Warna yang di kotak itu kurleb sekitar level 6. Rambut hitam asli ada di level 2. Tanpa bleaching, rambut gak bisa diangkat warnanya sampai 4 level

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kalo warna light blonde mau ditimpa ash gray kira2 kena gak ya reflek ashen'a kak.. mau netralin warna terang blondenya.. thq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa. Nanti mungkin bisa jadi abu2 sekalian malahan

      Delete
  15. Rambut aku kan warnanya hijau rada abu abu kalo di timpa ash grey jadi warna apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya jadi warna-warni kali ya hehe .... Kl udah numpuk2 warna gitu, hasilnya jadi unpredictable karena tergantung pewarna yang dipake sebelumnya dan kondisi rambutnya sendiri

      Delete
  16. Kak kalau misalkan aku bleaching terus pakai warna golden brown terus aku timpa sma warna ash blonde kira² ash blonde nya kelihatan gak ya kak?atau hasilnya seperti apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru respon. Lama gak nengok blog. Kenapa harus pake golden brown dulu, gak langsung bleaching aja?

      Delete
  17. Kak kan rambutku warna hitam alami. Kalo mau di cat warna hijau atau biru (pake miranda) warna nya bakal ada ga? Soalnya males bleaching hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl mau terang ga bisa. Nanti bakalan tetap gelap, soalnya pigmen rambutnya masih banyak banget di dalem. Mungkin kl kena pantulan cahaya baru bisa keliatan.

      Delete
  18. aku udh bleching 2× trus pke yg campuran mc2 mc13 kok mlah hitam ya jdinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. wah sama dong kaya saya di atas. Targetnya sebetulnya mau hasil akhir warna apa? Kl dugaan saya, warnanya jadi hitam karena:
      1. Warnanya miranda aslinya pekat banget. Kl mau dimudain, bisa pakai truk dicampur conditioner untuk mengurai warnanya.
      2. Warna biru dan ungu biasa dipakai untuk melawan brassy jadi sifatnya super ashy. Hasilnya super gelap dan kalau kena cahaya keliatan keabu2an

      Delete
  19. Kmaren sempet Cobain bleaching sampe terang trs coloring mix biru sama ungu tujuannya biar jd grey , eh jadinya ijo aneh jelek parah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, bisa jadi ijo itu krn kuat pigmen birunya. Sesuai hukum warna, kuning bercampur biru menghasilkan warna hijau.

      Delete
  20. Kk kalo bleaching diaduk langsung dngn pewarna ny boleh gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi hasilnya unpredictable. Pigmen pada krim pewarna bisa kalah sementara efek bleachingnya sendiri jd kurang maksimal. Saya pernah baca memang ada trik menambahkan SEDIKIT bleaching ke dalam pewarna utk daya angkat ekstra, tapi ya gak banyak naiknya. Aslinya mixing antara bleaching & pewarna itu gak direkomendasikan

      Delete
  21. Ka kalo diwarnain coklat terang terus di timpa pake abu bakal jadi ash brown ga ya ? Tapi no bleaching

    ReplyDelete
  22. Kl berdasar pengalaman, rambut dibleaching smp keoranyean trus dikasi abu2 bisa jadi netral brown. Pernah pakai majirel, bisa jadi ash brown. Tapi kl dr hitam tanpa bleaching scr teori susah utk jd ash brown

    ReplyDelete
  23. Aku baru coba MC2 & MC13 miranda, maksudnya buat bikin jd abu, tp kok setelah diaduk warnanya jd lebih ke ungu gitu (pdhl perbandingannya 1:1) trus pas udah kering jadinya item ke ungu.
    Kira2 itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang setelah diaduk jd ungu maksudnya adonannya? Kl itu sih iya. Kl hasilnya di rambut jd kelihatan item, karena kedua warna tsb pekat banget dan sifatnya (secara teori) ashy. Kl jadi keunguan, hmmm mgkn pengaruh lighting?

      Delete
  24. aku habis tes campurin brown sama ash blonde tanpa bleaching kirain bakal ada hasil coklat coklat gimana gt eh malah kayak mau kemerah gitu rencana sih mau bleaching dulu baru cat warna lagi dengan ash blonde supaya ngasilin abu kalau menurut kakak bakal sesuai ekspektasi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tanpa bleaching rambut cuma keangkat sedikit pigmennya. Kl rambutnya asli hitam, maka hasilnya bakal kemerahan. Mungkin sebelum eksekusi bleaching, main2 dulu aja ke 2 seri tulisan saya yg berjudul DIY Bleaching Sampai Putih. Di situ saya coba berbagi info tentang bleaching, salah satunya adl membahas kenapa rambut butuh bleaching kl mau menghasilkan warna tertentu

      Delete
  25. Kak saya campur warna biru sama ungu kok jadi nya ga abu" nya malah balik lagi ke hitam padahal udh d bleacing dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, coba deh dibaca lagi tulisan saya di atas. Di saya jg jadi hitam kok, karena sepertinya pigmen warnanya sangat intens. Salah satu cara mengakalinya bisa dengan dicampur conditioner to dilute down alias mengurangi intensitas pigmennya

      Delete
  26. Ka aku kan blm pernah bleaching rambutku warnanya hitam tp pernah di warnain brown gt tp skrg udh luntur. Nah kalo mau coba ash blonde trs cuma di bleaching 1x bisa ga ya?

    ReplyDelete
  27. Ka aku kan blm pernah bleaching rambutku warnanya hitam tp pernah di warnain brown gt tp skrg udh luntur. Nah kalo mau coba ash blonde trs cuma di bleaching 1x bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl beneran mau keluar warna ash blonde, mau gak mau harus bleaching sampai rambutnya level blonde. Kenapa? Coba deh cek tulisan saya yang judulnya DIY Bleaching Rambut Sampai Putih Part 1 :)

      Delete
    2. Halo kak klo blonde hasil dicat ditumpuk cat warna lain apakah hasilnya akan sama dengan blonde karna di bleaching? Klo dr warna blonde untung dapat hasil warna ash brown pakainya cat warna ap ya kak?

      Delete
    3. Halo...
      Blonde ini maksudnya warna yg kekuningan gitu ya? Kl tanpa bleaching ga bisa. Hasilnya palingan masih kemerahan atau maksimal keoranyean. Warna ash brown yg pernah saya cobain itu loreal majirel 8.12

      Delete
  28. Ka kalau rambut sudah di itemin terus langsung pake ash blonde hasil warna nya jadi apa ? Tanpa bleaching

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg jelas gak bisa jadi ash blonde hehe... Diitemin maksudnya dicat item kan?

      Delete
  29. Min mohon bantuannya. Sekiranya menghasilkan warna rose brown itu mencampurkan apa saja. Kebetulan saya pake cet rambut miranda gitu dkk selevelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rose brown itu kl gak salah tren rambut coklat yg ada hint pink/coppernya ya? Mgkn rambutnya dibikin coklat dulu, trus dihighlight pink. Ini bukan warna yang gampang sih, butuh trial n eror

      Delete
  30. Warna rambut aku kan coklat aga kekuningan kalo sekarang aku cat pake warna ash blonde kira2 hasil warnanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin coklat kemerahan atau keoranyean. Coba cek di tulisan saya satunya tentang level rambut, kira2 rambutnya berada di level berapa. Kl pakai miranda mungkin naik 2 level

      Delete
  31. Fungsi tambahan developer makarizo apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menggantikan developer bawaan Miranda. Dg developer rendah (10vol) saya niatnya cuma mau toning tanpa mengangkat warna rambut

      Delete
  32. Sis, rambut asli aku warna coklat aga kemerahan klo pake itu jadi warna apa ya? Tips mewarnai rambut buat pemula biar ga gagal. Btw katanya kalau di warna rasanya (kepala) panas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cokelatnya level berapa? Kl masih di kisaram level 4-5 mgkn jadi merah-oranye atau oranye-cokelat. Strand test dulu aja, kak, dicobain ke bbrp helai rambut.

      Yang panas biasanya sih bleaching, terutama kl developernya tinggi atau cat yg kandungan amonianya kuat. Tiap org ketahanannya beda2 sih. Kl ragu, selain strand test, coba tes alergi juga

      Delete
  33. Sis aku udh prnah di bleaching bbrp kali. Dan trakhir bleaching trus aku warnain pink gt. Dan kluar pink sih tp mkin ksini kan malah kayak pirang gt rambut ku tp ga yg pirang terang bgt. Pirang agak pink gt. Trus kalau aku warna ash blonde lg tanpa bleaching kluar warna apa ya kira2? Makasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti pinknya lama2 luntur trus rambut hasil bleachingnya keliatan. Pinknya yg terang gitu ya? Bleaching terakhir hasilnya apa? Oranye, kuning? Mestinya bisa keluar warna ashy sih

      Delete
    2. Iya. Pink lmlm luntur dan hasil bleaching kliatan. Bleaching trakhir hasilnya light brown gt sih. Ga smpe ke kuning bgt. Okedeh nnti aku cb warna ashy nya. Mkasih banyakkk kaa. Sukses terusss��

      Delete
  34. Saya udh pernah di bleaching dan udh pernah pake miranda biru campur ungu, memang di keramas pertama warna ungu nya lbh dominan, lalu setelah keramas kedua warna biru yg dominan, dan keramas selanjut nya baru keluar warna abu2. Setelah memudar, saya lanjut lagi pake lomeqi warna abu silver, dan it work, langsung keluar warna nya. Dan skrg setelah agk memudar, bisa ga ya saya timpa lagi dgn warna yg sama dari lomeqi itu, ga perlu bleaching lagi kan?

    ReplyDelete
  35. kalau bleaching 1x(pake miranda)trs diwarnain ash blonde+coklat jadinya gimana ya?
    kalau pengen ash brown harus pake warna apa?soalnya kan ash brown coklat ke abu" an gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Bleachingnya dari rambut hitam virgin? Kl cuma 1x, pakai cat warna hasilnya akan cokelat kemerahan krn pigmen di dalam rambut msh sangat kuat.

      Utk ash brown yang coklat keabuan, perlu bleaching sampai level 8 minimal. Baru kemudian ditimpa cat. Utk warnanya, berdasar pengalaman, Loreal Majirel 8.1 atau 8.12 hasilnya bagus. Tp kl merk Miranda, saya cm bisa nyaranin yang sekiranya sesuai dg color theory aja yakni perpaduan antara ash blonde + ungu. Ini pun masih butuh eksperimen seberapa kuat ungunya supaya bisa dapet ash brown yang dimau

      Delete
  36. pas bleaching hasilnya ga rata knapa ya?ada sebagian yg udah berubah warnanya sebagian ga berubah sama sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Ohh itu berarti pas ngaplikasiin bleachingnya gak rata. Krim bleaching harus betul2 nutup tiap helai rambut, jangan sampai ada yang kelewat

      Delete
    2. harus tebel gitu ya?
      makasih jawabannya..

      Delete
    3. Iya, ngasihnya jangan pelit-pelit :)

      Delete
  37. hallo mbak, rambutku di bleaching kira-kira level 7, pake miranda ash brown warnanya masuk, tapi banyak hint goldnya gitu, gak suka! kira-kira kalau dipakein silver shampoo hint goldnya jadi lebih kalem gak ya? pernah nyoba cara mbak yang miranda blue/rose purple dicampur conditioner, tapi keduanya gak ada yg berhasil bikin kalem si goldnya ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Hint gold maksudnya mungkin brassy gitu ya? Kl level 7 berarti pigmen rambut yg dominan warna oranye. Utk melawan warna warna oranye, pakenya cat yg blue based. Sementara warna purple itu utk melawan warna kuning pd rambut blonde (level 9 ke atas). Silver shampo juga basic warnanya purple, peruntukannya buat rambut blonde biar gak brassy (kekuningan) misl platinum blonde, ash blonde

      Delete
  38. halo mbak, kalo aku nggak di bleaching tp pgn warna grey ( paling nggak shine nya ttp grey bukan coklat ) itu harus pake warna apa ya? Apa buat sampe ke warna grey itu wajib bleaching?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Mmm maaf agak kurang paham sm yg dimaksud 'shinenya grey'. Mgkn maunya ashy tone gitu ya? Kl dr rambut virgin bisa pake cat yang basic warnanya ijo dan biru, hasilnya tetep gelap cuman gak kemerahan krn dinetralkan oleh dua warna tsb di atas. Tapi misal berharap warna yg muncul bnr2 abu2, memang harus bleaching ya

      Delete
  39. Aku telat baca blog kk, nah jd gini rambut ku hitam gk prnah bleaching trs lgsg ku cba pake majirel ash,nh yg keluar warna coklat terang aneh gtu n gk merata.
    pertanyaan sy, apakah kalo nnti sy pake ulang lg merk n warna yg sama warnanya udh kluar sesuai boxny atau gmn k?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Welcome to this blog. Mending telat ketimbang gak pernah sama sekali xixixi. Kl menurut manualnya, Majirel bisa ngangkat pigmen warna rambut virgin cuma smp 2 level aja. Jadi kl rambutnya masih hitam, pakai majirel hasilnya bakal kemerahan. Gambar contoh swatchnya itu diasumsikan warna yg keluar jika diaplikasikan di rambut putih. Kemarin pakai warna nomer brapa?

      Tips kl mau pakai majirel, pertama harus diperhatikan dlu starting level rambutnya di level berapa, trus dihitung 2 level di atasnya jadi level berapa, ini kemudian yg jadi patokan dalam memilih warna catnya. Jangan lupa dipertimbangkan juga underlying pigmen rambut yg bakal muncul ya

      Delete
    2. Oya, gak merata itu mungkin kmrn rambutnya yg kena cat kurang rata

      Delete
  40. Terimakasih infonya kak,kmren pake majirel yg 12.11 kak..,iya betul warnanya agak merah gtu aneh..
    N aku pake oxidant 9%
    Maaf kak aq newbie jd blm bgtu paham kak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, sama2, senang kl bs bermanfaat :) Warna 12.11 maksudnya mungkin Majilift ya? Kl utk rambut hitam asli mending pakai yang warna 12.7 karena basic warnanya hijau, cocok utk menetralkan warna kemerahan

      Delete
  41. Eh iya kak majilift mksdku, trs mau tnya dong kak kalo aku pke yg 12.7 wrna yg keluar jdinya apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl no 12.7 nanti warnanya bisa jadi coklat natural. Jatuhnya akan lebih gelap dari 12.11 krn sifatnya ashy. Tujuan akhirnya mau warna rambut apa?

      Delete
  42. Abu gelap kak,kira2 bgus nya nnti pake yg mna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh abu2 ya, kl itu harus bleaching sampai level 9-10 dulu

      Delete
  43. Ok kak, terimakasih banyak ilmu nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, makasih udah mampir. Semoga sukses dapet warnanya :)

      Delete
  44. Rambut sy habis bleaching 2x warnany coklat kekuningan agak blonde..awalnya suka krn coklatny jg agak terang..sayangnya skrg jadi agak emas2 gmn gitu jd risih. Apa y solusinya.. karna ada emas2nya jelek . Kalau biar abu dikasih warna apa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Oh emas2 itu istilahnya brassy. Bisa coba pakai cat warna no.8 atau 7 yang ashy, misal 8A atau 8.1

      Delete
  45. kak tnya dong plis jawab ya, awal januari aku tuh cat rambut pake garnier caramel trus 2 minggunya lagi aku cat pake miratone yang warna coklat keunguan lalu seminggu yg lalu aku highlight disalon dan kata salonnya warna ash blonde bakalana ga jadi sama rambut aku karna setahun yg lalu pernah cat item(tapi aku catnya udh dibleaching baru cat item,ga lama nya jg udah luntur itemnya) trus aku maksa gpp cat aj highlight,alhasil rambutnya atas berwarna blonde terang ke kuningan malah ad yg putih(putih rambut halusnya) trus yg bawahnya coklat kemerahan keorange gituan tapi ad beberapa helay masih kuning terang. jadi ka,kalau aku pake cat miranda yang MC16 dicampur developer 9% bisa jdi ash blonde/ash brown ga?trus kuning sma orangenya hilang.thankyou.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Rambut yg dicat hitam setahun lalu masih ada atau udh dipotong habis semua?
      Diliat dr perjalanan rambutnya, kalo kata Guy Tang itu kondisinya paranormal hairtivity tuh, susah diprediksi hasilnya hehe. Catnya udah numpuk2 dan ada highlight juga.

      Delete
  46. Minn mau nnya, rmbt aku prnh di cat pake warna hitamm. Skrg pgn di bleaching, nah kira2 kl di bleaching wrna nya jd apa yaa? Kl yg ke2x nya di bleaching wrna juga apa bakalan lebih keliatan?? Makasi minn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Ngebleaching rambut yang dicat warna hitam biasanya hasilnya sprt ngebleaching rambut yg masih virgin, coklat kemerahan

      Delete
  47. Kalau bleaching ga pake developer tambahan bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Bleachingnya pake apa? Kl pake yang udah sepaket sama developernya bisa tinggal pake aja. Tujuan dr pakai developer terpisah di atas itu supaya saya bisa menentukan mau pakai yang berapa %. Developer bawaan biasanya gak menyebutkan berapa vol nya

      Delete
  48. Kak mau tanya, rambutku kan skrg wrna ash blonde, nah mau tak timpa mc 2 cmpur mc13 bakal wrna nya pudar ke pure grey gak ? Soal nya ak pengen nya wrna abu abu gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Rambut ash blonde kl pudar jadinya kuning, kembali ke warna aslinya. Rambut blonde bisa digelapkan jadi abu2

      Delete
  49. Kak rambutkukan pernah aku toning hitm trus 6 bulan ak bleach sma beauty labo ga ngangkat sma skali trus malah ak semir coklat tua jadinya malah hitm bgt...dan akirnya aku bleaching lagi pake beauty labo smpe 4 bok hasilnya hitm ada merah merahnya dikit banget merahnya

    ReplyDelete
  50. Trus harus gimana biar bleachnya masuk..aku serasa putus asa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Setau saya, rambut yang udah dicat hitam mmg relatif susah dibleaching, lebih susah ketimbang rambut hitam virgin. Apalagi ditambah coklat tua. Jadi pigmen warna gelapnya banyak banget yg di rambut. Saya mgkn cuma bisa nyaranin utk nyoba bleaching merk lain yang biasa dipake di salon, siapa tau berhasil masuk.

      Delete
  51. Kak, rambutku di blacng trs diwarnain golden browen eh ternyata hasilnya aku gak suka karena agak ke goldnya yang lebih terang gitu , sekarang niatnya pengen jadi ash browen itu bisa gak ya ditimpa warna abu supaya jadi ash browem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kl rambutnya masih coklat, warna yg bisa nutup lebih kuat adl warna biru. Warna abu2 yg umumnya dijual bisa kelihatan hasilnya kl rambut sudah tahap blonde

      Delete
  52. Halo,

    Aku baru pertama kali bleaching full rambut di salon, dan ternyata gagal warna nya jadi kuning. Aku minta untuk dibuat ash blonde, tapi kecewa sama hasil nya. Frustasi bgt, boleh minta masukan nya...
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Ini sama dengan yang di postingan satunya https://seeing-thru-my-eyes.blogspot.com/2020/05/hair-experiment-swatch-miranda.html ya? Udah direply yaa :)

      Delete
  53. Hai ka mau nanya, kalau rambutnya aga coklat dikit terus sekarang mau warnain pake miranda ash blonde sama blue itu kira2 bakal keluar gimana warnanya? Soalnya belum berani bleaching lagi, padahal udh beli bleachingannya.
    Tapi rencana pengen pink juga. Jadi bagusnya gimana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kl masih coklat sedikit mending pakai blue aja, pakai ash blonde cuma akan naikin warna rambut. Saya sudah bahas itu tulisan review lanjutan, bisa coba dicek. Mau pink cerah sepertinya perlu bleaching 1x lagi

      Delete
  54. Hallo kak aku mau tanya kalo mau jadi warna abu bida gak ya bleaching nya 1 box? Atau sebaik nya berapa box ya kak? Rambut aku warna nya hitam sedikit kecoklatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Utk memperoleh warna abu2 coba main ke tulisan ini ya ^^ http://seeing-thru-my-eyes.blogspot.com/2018/09/bleaching-rambut-sampai-putih-part-1.html
      Untuk jumlah boks disesuaikan dengan panjang-pendek dan tebal-tipisnya rambut, nanti berpengaruh pada rata/tidaknya hasilnya

      Delete
  55. Kak,, rmbutku udah ash blonde klo ak timpa pke blue black, bakal luntur gak ya blue black nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Cat rambut akan memudar seiring dengan seringnya kita cuci rambut dan jenis sampo yg dipakai

      Delete
  56. Kak,kan rambut aku warna kuning radarada tembagaa gitukan,kalo aku pkein bleaching aja,nanti warna nya jadi apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kl dibleaching kemungkinan nanti jadi kuning

      Delete
    2. kuningnya gimana ya kak,apa kuning ke gold2an gitu ga kak

      Delete
    3. Hmm coba deh main ke tulisan saya yg judulnya DIY bleaching. Di sana ada tahapan2 warna rambut hasil bleaching

      Delete
  57. Mau nanya dong kak, jadi awalnya kan aku bleaching pake merk samantha itu pas dibleaching gaada warna rambut satupun yanng berubah akhirnya dibleach lagi pake miranda 2x trs diwarnai golden brown miranda + garnier hasilnnya aneh gitu kurang suka jadi kayak tembaga gitu kayak oren tua, trs sekarang kalo mau di warnain abu abu harus dibleaching dulu lagi apa bisa langsung diwarnain trs kira kirs diwarnainnya pake warna yang ashblonde atau apa ya kak
    Terimakasih atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      Ini penjelasannya agak panjang. Coba main ke serial tulisan saya tentang DIY Bleaching Rambut Sampai Putih part 1 dan 2 :)

      Delete
  58. Kak,rambut aku sekarang kan warna nya coklat karamel ya,kalo lansung di warnain pake ash blonde bakal jadi warna apa yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kemungkinan tidak akan berpengaruh banyak thd warnanya, masih di sekitaran warna coklat

      Delete
    2. Berarti harus di bleach dulu ya

      Delete
    3. Saya kira begitu. Coklat karamelnya seberapa? Coba main deh ke update tulisan saya ttg Miranda ini yg linknya ada di paling atas. Di situ saya ada eksperimen warna Ash Blonde di dua level rambut yg berbeda

      Delete
  59. Ka...saya udah bleaching trs pake warna brown... Skrg warna nya terang banget... Kalo pake ash blonde jadi warna apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      Coba main ke eksperimen Miranda saya yang satunya ya :)

      Delete
  60. Replies
    1. Halo...
      Ash brown bisa diperoleh dr rambut dibleaching sampai orange, lalu dikasih warna coklat ash

      Delete
  61. Bisa engga sih Miranda beda warna di jadikan satu?

    ReplyDelete
  62. Kaa kemarin kan coba ngebleaching sekali terus ditambahin warna greynya miranda sm yg brown nah malah jadi coklat gelap gajelas gt terus mau benerin warnanya kalo ntar ngecat pake grey sm golden brown bisa ga ya kak:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Miranda itu memang relatif cukup kuat warnanya. Kl br bleaching 1x lalu dikasi coklat, hasilnya akan ttp coklat dan cenderung medium ke gelap. Kl mau benerin warnanya, terpaksa pakai bleaching lg sampai level yg dikehendaki. Tp kabarnya Miranda itu gampang luntur, mgkn bs dibantu dg sering2 keramas. Yg jelas ga bisa dibenerin pakai cat, nanti pigmen warnanya malah numpuk2 di dlm rambut.

      Delete
  63. klo bleacing warna kuning orens di timpa ash grey bisa jadi abu² gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Yg dimaksud ash grey itu warna apa ya? Karena ash artinya keabu2an. Kl menyimpulkan dr pengalaman saya pribadi dg cat Miranda yg warna2 bold, level kuning oranye sepertinya bisa mencapai warna abu2 pakai gabungan ungu dan biru di atas. Tapi harus melalui tahapan abu2 pekat dulu, lalu lama2 warnanya memudar. Nah kalau mau hasil abu2nya agak terang semacam pastel grey, level kuning oranye belum bisa. Semoga bs membantu

      Delete
  64. Hii..Asalnya rambutku dibleaching trs aku kasih biru setelah luntur jadi hijau n lama2 jadi coklat aga terang.aju warnain lagi merah,sekarang dah luntur jadi coklat tp aga merah dikit,kalo saya langsung timpa pake ash blonde hasilnya bakal ash brown ga iya/baiknya aku bleaching dulu z?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...
      Mmmm kayanya bakal agak tebak2an deh krn warna yg ada di rambut udah macem2. Tapi bisa dicoba kl mau tau hasilnya :) Kl mau bleaching lg hati2 aja, hrs liat2 kondisi rambut

      Delete
  65. Halo..
    Kak, Apa bisa Mc6 dan Mc14 dijdikan satu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Gak bisa krn MC 6 itu bleaching. Kl mau hasil rambut coklat dg cara praktis, mending pakai cat permanent jenis highlift. Sekali cat langsung coklat

      Delete
  66. Hallo :) kk aku mau nanya nih, ini kan pertama kali ak mau coba warnain rambut, nh kan bingung mau nya warna Ash medium brown kayak ada Highlight natural blonds nya gitu kira “ kalau yg masih aslinya hitam harus ngbleaching brp kali ya? Jujur ak nggk ngerti soal pewarnaan rambut sama gimana cara biar ekspetasi dari contoh foto warna rambut orang yg ak mau biar sama kek difotonya tuh, raguu bngett,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kak. Maaf baru sempat reply. Kalau mau warna ash dengan terang medium dan blonde biasanya harus 2-3x bleaching. Jgn terlalu berharap persis kaya di kotak krn itu ada permainan lighting dan mgkn juga modelnya pakai wig hehe... Good luck

      Delete

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...