Monday, October 8, 2018

DIY Bleaching Rambut Sampai Putih [Part 2] - Tips Bleaching Sehat

Jangan lupa cek Part 1 juga ya. Ada rumus buat dapetin warna abu-abu lho 😊👇
<<< Part 1 - Mengapa Harus Bleaching? 

Kata kunci untuk bisa melakukan bleaching sehat adalah satu: SABAR. Orang sabar disayang Tuhan, ya kan.... Kesabaran sangat diperlukan baik dalam menjalani proses bleaching maupun membekali diri dengan ilmu tentang bleaching. Bagaimanapun rambut kan mahkota kita, perlu berhati-hati dalam memperlakukannya. Tentu lebih baik mencegah daripada tampil di depan umum dengan rambut rusak.

Level Rambut
Ini bekal awal yang berguna ketika kita mulai bermain-main dengan warna rambut. Jika sudah memahami ilmu level rambut, kita bisa mengaplikasikan bleaching maupun krim pewarna dengan penuh kepastian akan tujuan hidup hahaha... #apasih Yah maksudnya sih supaya bisa tahu kita sedang memulai dari mana dan akan berakhir seperti apa. Semacam: oke sekarang rambut saya level 2, saya mau warna di kotak yang merupakan level 8, jadi saya perlu bleaching sampai 6 level.

Level Rambut 1 s.d 10
1 Black
2 Very Dark Brown
3 Dark Brown
4 Medium Brown
5 Light Brown
6 Dark Blonde
7 Medium Blonde
8 Light Blonde
9 Very light Blonde
10 Lightest Blonde

Pic source

Nah level itu sebetulnya apa sih?
Level adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tingkatan gelap terang warna rambut. Level 1 melambangkan rambut warna hitam sementara level 10 adalah warna rambut pirang paling terang. Semakin tinggi level rambut, semakin mudah diwarnai karena pigmen di dalamnya semakin terang. Maka dari itu, agar rambut bisa berwarna-warni, diperlukan proses bleaching hingga mencapai level 10. Level 1 yang mana adalah hitam gelap biasanya dihasilkan dari pewarna buatan. Sedangkan rambut hitam natural umumnya dikategorikan level 2 atau 3 yakni cokelat gelap. Dengan demikian, masih diperlukan perjalanan panjang untuk menuju level 10 bagi rambut orang Asia. Inilah alasan banyak orang kemudian mengambil jalan pintas dengan cara menggunakan developer tingkat tertinggi yang ada di pasaran agar rambutnya cepat terang. Memang betul bisa berhasil pakai cara begitu, cuma..... Mending kita belajar sedikit dulu deh mengenai developer.

Bleaching Dengan Developer 40vol
Apa sih developer itu? Buat yang pernah nyoba ngecat rambut sendiri pasti cukup familiar dengan cairan satu ini. Semua krim pewarna pasti mensyaratkan untuk dicampur dengan developer. Banyak krim pewarna maupun bleaching yang dijual sudah sepaket dengan developernya supaya praktis tinggal pakai. Cairan developer mengandung senyawa hidrogen peroksida yang diperlukan untuk mengaktivasi zat-zat kimia yang terkandung di dalam krim pewarna maupun bleaching. Pada krim pewarna permanen misalnya, zat kimia di dalamnya berfungsi untuk membuka kutikula, menghilangkan sebagian pigmen warna hingga naik 1-2 level, dan memasukkan pigmen warna bawaannya. Tanpa bantuan developer, zat kimia tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Demikian pula halnya dengan produk bleaching. Developer diperlukan agar bleaching bisa masuk ke dalam batang rambut dan mengoksidasi pigmen supaya menjadi tak berwarna.

Semakin tinggi developer yang digunakan pada larutan bleaching, maka akan semakin kuat dan cepat level rambut dinaikkan. Itu anggapan yang sudah umum dan memang betul adanya. Tapi yang seringkali luput dari perhatian adalah semakin tinggi kandungan hidrogen peroksida di dalam developer, yang mana diinfokan dalam bentuk persentase maupun vol, maka semakin besar pula tingkat kerusakannya. Dan jeleknya, seringkali kutikula udah habis-habisan dibuka, tapi pigmen pheomelanin (merah, kuning) yang rada bandel ternyata masih ketinggalan. Pernah lihat orang yang rambutnya kuning keoranyean seperti warna karat besi dengan tampilan kusam dan terkadang tampak kaku seperti sapu? Yes, itu adalah salah satu contoh hasil dari penggunaan developer yang terlalu kuat tapi pengangkatan pigmennya tidak tuntas.

Common sense:
10vol mengangkat 1-2 level
20vol mengangkat 2-3 level
30vol mengangkat 3-4 level
40vol mengangkat 4-5 level
dst

Anggapan di atas, meski berlaku secara umum, tidak bersifat universal karena kondisi tiap rambut berbeda-beda. Perlu dipertimbangkan juga kondisi kesehatan dan kekuatan rambut. Selain itu, kualitas dan daya angkat produk bleaching yang dipakai juga akan menentukan hasil yang diperoleh.

Pic source

Pic source


Underlying Pigment
Underlying pigmen adalah pigmen yang tersimpan di dalam tiap batang rambut yang menjadi penentu warna alami rambut kita. Semakin gelap warna rambut, susunan pigmen semakin kompleks. Pembagian pigmen erat kaitannya dengan kategori level rambut yang sudah dijelaskan di atas. Warna-warna yang dikandung oleh pigmen-pigmen tersebut akan bermunculan ketika rambut mengalami proses pengangkatan warna. Saya pernah sedikit menyinggung tentang ini di tulisan Part 1 terdahulu. Sebagai pedoman, kita dapat menggunakan chart pada gambar berikut:

Pic source

Pada level 10 hasil bleaching, rambut sudah seperti kanvas bersih yang siap diwarnai apapun. Tapi jangan salah, level 10 itu tidak berwarna putih tapi kuning pucat yang mirip warna pisang bagian dalam alias daging buahnya (bukan kulitnya lho). Warna kuning pucat tersebut berasal dari ikatan komponen protein yang tersisa di dalam rambut. Jadi, setelah level 10 jangan bleaching lagi sampai putih karena ketika semua pigmen sudah dikeluarkan maka rambut akan berada dalam kondisi yang sangat rapuh dan sudah dipastikan rusak parah. Gak mau kan ya...

Pengetahuan tentang keberadaan pigmen ini akan sangat membantu ketika kita ingin mengganti warna rambut. Tidak semua warna membutuhkan bleaching maksimal. Warna cokelat terang (light brown), misalnya, membutuhkan unsur warna merah. Oleh karena itu, warna rambut gelap cukup diangkat maksimal sampai dengan tahapan oranye saja di mana masih ada pigmen kemerahan di dalam rambut kita. Bahkan jika menginginkan warna cokelat yang tidak terlalu mencolok, bisa saja tidak dibutuhkan bleaching karena ada cat permanen jenis highlift yang memiliki kemampuan mengangkat warna rambut sampai 2-3 level kemudian mewarnainya.

Sedikit Tips Dan Trik Bleaching Sehat
1. Pakailah developer dengan kandungan peroksida rendah.
Ingat, rahasia bleaching sehat adalah sabar. Memakai developer 40vol memang cepat tapi itu namanya tidak sabaran. Lalu pakai yang berapa dong? Pakai yang 10vol atau 20vol maksimal. What?? Lama dong. Hehe kan emang harus bersabar. Jika terpaksa, bisa menggunakan 30vol untuk waktu yang cukup singkat tapi sebaiknya menghindari 40vol. Proses bleaching, untuk mudahnya, bisa diibaratkan menggoreng ayam tepung. Dengan besar api yang sesuai, ayam bisa matang sempurna. Kalau kegedean apinya, luarnya udah gosong tapi dalemnya belum mateng. Prinsip ini penting untuk diingat.

2. Gunakan foil
Gak harus foil sih. Kalau bleachingnya sekepala bisa pakai topi mandi atau kantong kresek untuk versi ekonomisnya.  Foil sendiri berguna untuk mengisolasi panas yang dihasilkan adonan bleaching sekaligus mencegah krim bleaching mengering akibat dibiarkan terbuka di udara. Ketika sudah kering, bleaching akan berhenti bekerja. Waktu efektif zat bleaching umumnya adalah 1 jam maksimal mentok, boleh kurang, jadi optimalkan waktu yang ada. Bisa dipercepat dengan dibantu dipanasi hair dryer tapi tadi rencananya kita kan mau bersabar, ya kan ya kan...

3. Lakukan secara bertahap
Rambut Asia memang butuh perjalanan panjang untuk mencapai level 10 sehingga mutlak dibutuhkan kesabaran. Jika dalam satu kali sesi bleaching masih belum mencapai level yang diinginkan, beri jeda dan ulangi di lain hari. Idealnya jarak antara sesi bleaching satu dengan berikutnya adalah minimal satu minggu. Dengan demikian rambut memiliki cukup kesempatan untuk memulihkan diri sejenak dari stres kimiawi. Jangan lupa lakukan perawatan ekstra di sela-sela sesi bleaching.

Tahapan bleaching dipengaruhi pigmen rambut
Pic Source

4. Cek daya angkat produk bleaching yang sudah dibeli.
Sebelum membuka bungkus bleaching, sebaiknya dicari dulu keterangan berapa level maksimal yang bisa dicapai. Sebagai contoh, kemasan bubuk bleaching Makarizo mencantumkan daya angkat hingga 3 level. Jika menggunakan produk ini, dari rambut asli level 2, pencapaian yang memungkinkan dari bleaching sesi pertama adalah level 5. Jika benar, maka bleaching ke dua mungkin bisa mencapai level 8. Jadi kemungkinan baru pada bleaching ke tiga lah tercapai level 10. Satu hal yang perlu diperhatikan, saya menggunakan kata 'mungkin' di atas karena keterangan daya angkat tersebut bukan angka pasti. Kondisi tiap rambut berbeda-beda. Ada yang mudah, ada yang susah. Apalagi kalau rambutnya sudah pernah diwarnai dengan warna gelap. Untuk itu, perlu dilakukan cek perkembangan reaksi bleaching setelah 15 menit berlalu dan berikutnya setiap 5 menit.

5. Menggunakan produk bleaching yang bagus a.k.a branded (opsional).
Tips ini opsional karena harus merogoh kocek agak dalam. Penjelasan sederhananya, produk bleaching profesional yang bagus, selain memiliki daya angkat lebih besar (menaikkan sekitar 7-9 level), juga dilengkapi dengan komponen kimiawi yang meminimalkan proses kerusakan (conditioning agent) dan mengurangi kemungkin munculnya warna yang tidak diinginkan a.k.a brassy. Produk yang semacam ini biasanya jarang dijual bebas di luar salon profesional dan kalaupun ada, mahal beud. Diperlukan kebulatan tekad sekuat baja dalam menginginkan bleaching sehat untuk mau berinvestasi pada produk yang terbaik, di samping kantong yang tebal tentunya.
*Update: Saya berkesempatan mencicipi bleaching merk Joico varian Creme Bleaching. Dalam satu kali proses (rambut virgin) bisa mencapai level 7-8-9 hanya dengan developer 20vol. Sayang harganya lumayan mencekik haha....

6. Menggunakan suplemen bonding agent (opsional juga).
Apa lagi ini? Produk hasil teknologi mutakhir untuk ditambahkan ke dalam adonan bleaching atau pewarna yang berfungsi untuk memperkuat ikatan struktur tiap helaian rambut sehingga dapat meminimalkan terjadinya kerusakan meski menggunakan developer 40vol sekalipun. Silakan search Olaplex, Smartbond, atau Redken pH Bonder. Silakan search juga harganya xixixixi..... Ono rego, ono rupo. Ada kualitas, ada harga. Sayangnya produk-produk tersebut tidak mudah diperoleh di sini. Ada juga stylist lokal yang jualan produk sakti yang diklaim sebagai racikannya sendiri dan katanya bisa menyehatkan rambut setelah bleaching. Kalau yang ini saya kurang tahu karena belum pernah nyobain.

7. Last but not least: Perawatan Ekstra
Bleaching adalah proses yang non reversible alias tidak bisa dibalik. Lapisan kutikula yang terbuka dan ikatan kimia dalam rambut yang terputus tidak akan bisa kembali pulih seperti semula. Rambut sudah rusak tanpa bisa dihindari. Dibutuhkan bantuan berbagai macam suplemen perawatan rambut untuk membantu merapikan segala kekacauan yang ditimbulkan oleh proses bleaching . Ingat ya, hanya merapikan, tidak bisa mengembalikan seperti aslinya. Kondisi rapi ini sewaktu-waktu bisa berantakan lagi, tergantung bagaimana rambut diperlakukan. Maka dari itu, perawatan rambut bleaching perlu dilakukan secara berkala agar rambut selalu terlihat sehat.


Yakk sekian saja tulisan saya tentang bleaching sehat. Semoga informasi yang saya bagi ini bisa memberikan sedikit manfaat dan secercah cahaya pengetahuan bagi yang masih maju mundur cantik untuk bleaching. Jika dirasa masih kurang, perbanyak ngepoin chanel, artikel, maupun forum hairdresser profesional. Do your own research. Dan kadang kalau belum ngerasain sendiri tuh rasanya belum mantep.
It's Ok. Just go for it!! 💪



Disclaimer:
Saya bukan penata rambut profesional, just a DIY hair enthusiast dadakan yang jadi rajin learning by stalking akibat 3x ngecat rambut di salon dan mendapati ternyata gak semua kapster yang bisa ngecat rambut itu paham sama produk pewarna rambut *ugh*

320 comments:

  1. kak aku baru aja di bleaching 2x but hasilnya orange, mau pake mirranda abu kirakira memungkinkan ga ya? thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau jadi abu2, orange aja belum bisa. Nanti hasilnya cokelat semacam ash brown gitu. Supaya jd abu2, perlu bleach sekali lagi. Tapi dikasi jarak minimal seminggu dr bleaching yg sebelumnya ya

      Delete
    2. Oh iya, ralat sedikit... liat2 video di youtube, kalo udah orange cerah sepertinya bisa juga jadi abu2. Developer bawaan Miranda sepertinya cukup tinggi juga utk bs ngangkat warna rambut sekitar 2 level. Tapi kl saya sendiri belum pernah pakai developer bawaannya ya..

      Delete
  2. kak,aku udah bleaching 2x trus aku pake miranda ash blonde,hasilnya abu2 nya kurang keluar kak.biar abu2 nya keluar aku harus tambahin bleach atau ash blonde?

    ReplyDelete
  3. Halo, kurang keluar maksudnya hasilnya jd warna apa? Dua kali bleaching tuh udah sampai kuning muda belum?

    ReplyDelete
  4. Mbak aku udh bleach 3x kalo pake miranda gilden brown wrna nya jd gmn ya tengkyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf ya baru respon. Lama gak nengok blog. Mestinya bisa jadi golden brown. Coba strand test dulu di beberapa helai rambut

      Delete
  5. Kak aku udh bleach 2x
    Yg pertama pake bleach miranda, tapi aku tambahin conditioner nyoba" eh taunya bleachnya kurang keluar gitu.
    Yg kedua pake bubuk bleach miranda + developer matrix vol 30
    Tapi warnanya kurang rata trus masih oranye
    Jadi aku mau cat warna ash gitu, apa perlu di bleach sekali lagi?
    Sekalian rekomendasiin dong cat warna ash yg lumayan bagus kak
    Makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Bleach yg dijual di pasaran umumnya daya angkatnya maks 3 level. Jadi misal rambut virginnya hitam, nanti hasilnya kemerahan. Nah kl ditambahin conditioner, kekuatan bleachingnya jd berkurang, ngangkat warnanya juga jadi kurang maksimal deh.

      Kl bnr2 mau warna ash, mending hasil bleaching yg kurang rata tadi dibenerin dulu. Misal memungkinkan, coba minta tlg temen utk ngaplikasiin bleaching di tempat2 yg msh blm sama warnanya/lebih gelap. Kl cat warna ash, saya lihat Miranda di beberapa reviewer cukup oke hasilnya. Saya lebih nyaranin invest di bleaching yg kualitasnya oke aja, misal Wella Blondor yg masih lumayan ramah kantong

      Delete
  6. Gua udah level 10 biar jadi putih2 platinum gitu caranya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoning sebentar pake warna ungu lavender dalam keadaan rambut lembab. Coba deh cari video tutorial di IG pake hastag platinum hair atau di youtube. Produk yg dipake macem2 tp pada prinsipnya sih sama aja

      Delete
  7. Aku udh bleachinng 1x warna nya jadi coklat2 gitu. . Biar jadi abu2 apa harus satu kali bleachinng lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl pakai produk bleaching yang bagus, bisa cukup 1x lagi

      Delete
  8. Replies
    1. Halo...
      Saya blm pernah pake samantha. Tp setau saya, yg dijual bebas di toko2 itu biasanya kualitas generik

      Delete
  9. makasih infonya bermanfaat bgt, tp kira2 model rambut wanita yg kayak apa ya yg cocok dibleaching?

    ReplyDelete
  10. Hello kak, developer yg bagus harga masih terbilang ekonomis apa ya kak? Saya masih bingung antara beli yg 6% atau yang 9%. Shisheido, Makarizo, atau Matrix. Thanks beforehand.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, maaf baru baca komennya..
      Saya pernah pakai Makarizo maupun Matrix, keduanya cukup oke menurut saya. Kl Shiseido belum pernah pake. Untuk volumenya tergantung kebutuhan aja :)

      Delete
  11. Klo bleacing cultusia bagus apa gak hasilnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, belom pernah pakai dan belum pernah dapet reviewnya :)

      Delete
  12. Klo bleacing cultusia bagus apa gak hasilnya ?

    ReplyDelete
  13. Kak aku udh 2x bleaching sih pake miranda + samantha ku campur semua ditambah sm makarizon developer 30. Jadinya gak rata gitu. Ada yang udh kuning terang ada yg mau ke pucat dan ada yg msh oranye. Rambutku sebelumnya sering diwarnai. Gimana ya paling gak sih rata aja bleachingnya karna sdh dirapikan ttep gak bisa nyampe ke kuning. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya suka diwarnai pake pewarna apa? Kadang pigmen dari cat rambut itu susah diilanginnya. Kalo mau, coba minta tolong teman utk color correction, dipilihin yg masih oranye trus dibleaching sendiri. Tp jgn terlalu dipaksain smp kuning ya, liat2 kondisi rambutnya juga

      Delete
  14. Kalo rambut udah pernah di bleaching terus dihitamin lagi itu perlu di bleach berapa kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti bleaching dr awal lagi. Tp gak akan semudah bleaching rambut virgin ya. Selain itu harus lbh berhati2 krn kondisi rambut gak sesehat rambut hitam virgin

      Delete
  15. Rambut saya hitam gelap. Saya cat pake miranda brown jadinya merah. Trs saya coba pake bleaching dulu kira-kira sampe level 7. habis itu baru saya pake cat miranda brown. Tp tetep aja jadinya merah. Apa harus dibleaching sampe level 10 dulu ya kak? baru bisa pake yg coklat. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Bleaching level 7 berarti hasilnya oranye keemasan ya? Harusnya udh cukup kok kl mau rambutnya cokelat. Kl jadinya merah mungkin mmg warna catnya

      Delete
    2. Iya. Oranye keemasan. Kalo udah dibleaching, harus pake toner juga nggak kak? Sebelum ke warna coklat. Apa langsung timpa coklat aja?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Toner itu sebetulnya mengacu para produk utk proses toning, pewarnaan, pada rambut blonde. Oranye cukup kok utk dapetin warna coklat. Saya kmrn pakai Miranda ash blonde dengan developer 10vol di atas rambut oranye bisa dapet warna cokelat natural. Kl pakai developer bawaan mungkin malah bisa dapet light brown

      Delete
    5. Oh iya kak. Bsk coba saya praktekin. Makasih infonya

      Delete
    6. Semoga sukses :) strand tes dulu aja misal masih ragu2

      Delete
  16. Kak, rambut aku masih virgin belum pernah diwarnai.. Tapi lagi mikir mau coba bleaching,, tapi takut sama cairan developernya. Kira kiara Apa yg terjadi sama hasilnya ya, kalo kita bleaching tanpa developer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Developer mengandung hidrogen peroksida yang berfungsi untuk membuka lapisan pada rambur sehingga baik cat pewarna maupun bleaching bisa efektif. Kl bleaching tanpa developer, gimana dong? Yaa bubuknya nanti cuma nempel2 aja di rambut

      Delete
  17. Malam kak, saya mau tanya..
    4 bulan yg lalu rambut saya abis di cat hitam menggunakan bigen dn sekarang saya mau cat jd warna chesnut brown / ash brown, kalo itu saya harus bleacing sampai berapa kali ya buat dapetin hasil nya ?
    Tolong dibantu ka, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Bigen itu yang pakainya tanpa developer bukan? Saya kurang mengenal bigen sih, jd gak tau apa tipe catnya dan gak yakin juga apa bisa pakai bleaching. Maaf ya... Saya cuma bisa menyarankan coba strand tes aja di bbrp helai rambut utk liat hasilnya. Kl oke, bisa diaplikasiin sekepala

      Delete
  18. Kak mau tanya.. Efek dr rambut yg di bleaching itu brp lama? Apa ketika rambut yg kita bleaching sdh habis terpotong krn sdh panjang (potong rambut) dan sisa rambut yg baru tumbuh (tdk kena bleaching) masih bisa dilangsungkan virgin atau masih terkena dampak bleaching yg awal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek bleaching cm kena rambut yg yg dibleaching aja kok, dan efeknya selamanya. Nah kl yg dibleaching udah habis dipotong, rambut asli yg baru numbuh itulah rambut virgin

      Delete
  19. Kak mau nanya dong kalo ngecat rambut aja. Gak di bleaching. Tp pake developer 40 itu bakal rusak gak rambutnya? Trs warnanya bakal terang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Developer 40 gak disarankan buat ngecat karena rambut bisa rusak sementara hasil warna catnya jg gak lantas jadi lebih bagus

      Delete
    2. Jadi kalau mau di warnain rambutnya harus make developer bawaanya apa bisa make developer lain tpi yg level 30/40 bisa ya kak?

      Delete
    3. Mewarnai bisa pakai developer lain, maksimal 30vol aja

      Delete
  20. Kak mau nanya dong kalo ngecat rambut aja. Gak di bleaching. Tp pake developer 40 itu bakal rusak gak rambutnya? Trs warnanya bakal terang?

    ReplyDelete
  21. Hi, Blognya sangat membantu sekali. Saya mau tanya dong, rambut saya sudah dibleach 2x dan naik ke level 7-8 lalu saya warnai biru. Sekarang sudah mulai luntur menjadi hijau pudar, kalau saya mau ganti ke warna lain, apakah harus dibleach kembali atau bisa langsung diberi warna lain?
    saya rencana mau ganti warna Abu-abu, terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Iya masih perlu dibleaching krn kl gak nanti warnanya akan bercampur. Coba pakai metode bleach bath aja supaya gak terlalu keras di rambut

      Delete
  22. Saya mo bleach rambut ke abu2..biar sekalian kyak uban..posisi rambut saya level 3 agak2 coklat gitu
    Apa langkah pertama?..biasanya saya pake Revlon

    ReplyDelete
  23. Saya mo bleach rambut ke abu2..biar sekalian kyak uban..posisi rambut saya level 3 agak2 coklat gitu
    Apa langkah pertama?..biasanya saya pake Revlon

    ReplyDelete
  24. Saya mo bleach rambut ke abu2..biar sekalian kyak uban..posisi rambut saya level 3 agak2 coklat gitu
    Apa langkah pertama?..biasanya saya pake Revlon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Untuk bisa seperti uban, satu2nya cara adalah bleaching beberapa kali sampai level 10. Beri jarak antar bleaching, jangan langsung satu hari sekaligus. Lalu diberi toner yang purple based atau silver shampoo. Rambutnya pendek atau panjang? Kl boleh menyarankan, pakai produk bleaching kualitas salon utk meminimalisir kerusakan

      Delete
  25. Halo,kak saya udah bleach 2x mau di timpa ash blonde bakal keluar ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Bleachingnya udh sampai kuning belum ya? Kalau sudah, berarti bisa

      Delete
  26. hai kakk, mau tanyaa
    kalau udah di bleaching sampai orange, mau cat biru bisa masuk ga ya?
    makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Sepertinya udah bisa ya. Sebelumnya coba tes helai rambut dulu aja :)

      Delete
  27. Klo mau warna putih bleachingnya warna apa aja? Mohon bntuannya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Bleaching gak ada warnanya ya, krn itu cuma utk menghilangkan pigmen natural dalam rambut. Kl mau mau warna putih, rambut dibleaching smp kuning pucat lalu ditoning warna ungu beberapa menit

      Delete
  28. Halo, blognya informatif banget. Tapi aku bingung nih, kak. Aku udah bleaching level 9-10, untuk warnai rambut bisa langsung setelah bleaching atau dikasih jarak sehari setelah bleaching atau gimana ya baiknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Makasih, senang deh kl bs bermanfaat :)
      Bisa langsung kok, terutama kl pake cat tipe demi atau semi permanen yang developernya sangat rendah

      Delete
  29. Kak kalo rambut yang udah terlanjur di bleaching lebih kurang udah level 7-8,misal mau dihitamin lagi,langsung ditimpa pakek produk bigen yg ga pakek developer apa bisa langsung kemabali hitam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. saya blm pernah pakai produk sejenis Bigen. Tp kalau bs utk nutup uban dan warnanya gelap mestinya sih bisa ya

      Delete
  30. Halo.... iseng iseng pgn cat rambut dpt blog ini..... dulu pernah cat rambut pengen warnanya biru jadinya hijau hahahhahah... nah ini kepengen warnain ash grey, kira kira bleaching hrs brp x yah? Ak pgn pakek miranda sih... dan pakek developer matrix, better matrix yg brp %?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Hehe rambut kuning kl ketemu cat biru jadinya ijo. Warna ash grey mau ga mau harus bleaching smp kuning muda (level 10). Butuh berapa kali? Tergantung kondisi rambut masing2, ada yg gampang naik, ada yg susah, tapi ada juga yg gak kuat. Rata2 rambut hitam Asia perlu 3-4 kali. Utk developernya, saya pribadi lebih suka pakai yg 6% atau 20vol krn lebih gentle. Yang jelas sy gak nyaranin pakai 12% karena itu ngrusak rambut banget

      Delete
  31. Halo, blognya bermanfaat banget, saya mau tanya sebulan lagi saya baru pakai cat hitam nah maunya ganti warna dan sekarang rambut saya ada di level 2-3 karena baru di blecing 1x, nah maunya pakai warna abu" apakah ada solusi dari kakak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih ya, senang kl bs bermanfaat. Sebelum dicat hitam pernah dibleaching atw pakai cat lain? Kl mau warna abu2 hrs bleaching smp mencapai level 9-10 dulu. Tp jgn lupa sambil dicek kondisi rambutnya, kira2 kuat gak

      Delete
  32. Halo..
    Blog y keren bermanfaat bgt buat aq 🤭🤭mau nay..Rambut aq sering d warnain... sebelumnya sering d warnain red wine miranda tanpa d bleaching tpi maybe krn d tumpuk2 warna bs kluar.. tpi blkgn ini aq toning rambut trus aq cat hitam pake miranda jg.. trus skrg aq mau nyoba bleaching soal y mau d warnain ash blondie tpi mesti d bleach brp x biar wrn y bs kuning pucat dan skrg ini rambut aq lgi rontok klu keramas rontok y lumayan..solusi y gmn.. biar gk rontok ..maaf nay y byk ������������

    ReplyDelete
  33. Halo..
    Blog y keren bermanfaat bgt buat aq 🤭🤭mau nay..Rambut aq sering d warnain... sebelumnya sering d warnain red wine miranda tanpa d bleaching tpi maybe krn d tumpuk2 warna bs kluar.. tpi blkgn ini aq toning rambut trus aq cat hitam pake miranda jg.. trus skrg aq mau nyoba bleaching soal y mau d warnain ash blondie tpi mesti d bleach brp x biar wrn y bs kuning pucat dan skrg ini rambut aq lgi rontok klu keramas rontok y lumayan..solusi y gmn.. biar gk rontok ..maaf nay y byk ������������

    ReplyDelete
  34. Halo, makasih udh mampir.
    Cat rambut kotakan (box hair dye) biasanya mengandung developer yang bisa ngangkat warna rambut. Rambut asia mengandung banyak pigmen kemerahan jadi mgkn ini bs menjelaskan kenapa tanpa bleaching bisa menghasilkan warna red. Untuk bleaching, maaf saya gak berani menyarankan ya, krn sebelumnya udah ditumpuk2 warnanya. Selain itu sempat diwarnain hitam dan kondisi sekarang lagi rontok. Terlalu banyak beban rambutnya, kasian kl kena bleaching. Mgkn sebaiknya fokus di rontoknya dulu aja. Rontok bisa mcm2 penyebabnya, a.l salah produk rambut atau bs juga krn stres dan hormonal

    ReplyDelete
  35. kalau ngebleaching rambut itu butuh waktu berapa jam kak? terus, untuk mencapai level 10 untuk rambut yang panjang nya se punggung butuh berapa box ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Satu sesi bleaching rambut ga boleh lebih dari 1 jam, selewat itu rambutnya rusak. Satu kali bleaching untuk rambut panjang sebahu dengan ketebalan medium butuh 30gr, ratio developer 1:2. Buat sepunggung mungkin butuh 3x lipatnya. Jadi jumlah boksnya tergantung seberapa banyak bubuk bleachingnya per boks. Tapi jgn berharap satu kali bleaching bs lgs dapet level 10 ya

      Delete
  36. Kak Aku Minta Saran dong, kmrn rambutku hijau, nah skrg Aku mau ganti warna ke abu Dan skrg udah Aku bleaching.. tapi warnanya failed Aku Mau hasilnya jdi ke level 10 Putih Kaya daging pisang gitu.. nah ini Aku Jadi kuning gitu, sebelumnya Aku pakai produk bleach Miranda yg box besar Satu Sama yg kecil Satu,dan Aku pakein juga developher matrix 9%, kira2 Aku harus butuh berapa Kali bleach lagi/box Miranda lagi yah kak untuk menghasilkan warna putih..? Skrg warna rambut bleachingku kuning apa kalo ditimpah berpa kalinya pke bleach Miranda apa beneran Akan berubah Jadi Putih kak? Jawab yah ka Aku bingung berapa Kali lagi Aku harus bleaching Bantu Aku yah ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Krn udh ditumpuk2 cat & bleaching, jgn lupa cek kondisí rambutnya ya. Kl skrg udah kuning dan masih kuat, teorinya sih tinggal satu kali lagi. Developernya gak usah tinggi2

      Delete
  37. Recomend bleaching yg bagus tapi ramah d kantong + cat rambut platinum apa ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Bleaching yg cukup bagus dan ramah di kantong bisa coba Wella Blondor. Kl platinum bisa pakai silver shampo

      Delete
    2. Kalo makarizo sm matrix bagusan mn ?

      Delete
    3. Saya belum pernah pakai bleaching matrix jd belum bs membandingkan :)

      Delete
  38. Halo kak. Dua hari yg lalu aku bleaching rambut, trus rambutnya kurg terang gitu warnanya. Kapan bisa di bleach lagi ya kak? Biar rambutnya bisa agak terangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Idealnya sih dikasih jarak seminggu ya, plus dikasih perawatan

      Delete
  39. K Mau tanya dong. Kalau bleaching rambut minimalnya berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kebutuhan. Lima menit aja udh mulai ngangkat warna rambut. Maksimal 45 menit dan ga boleh lebih dr satu jam

      Delete
  40. Kalo developer 12% itu gk bagus buat rambut kah kak..alasannya knp kalo boleh tau? Karna kalo di youtube" sering pakek yg 12%..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Bleaching pakai developer 12% bisa ngangkat warna rambut dengan cepat krn kandungan hidrogen peroksida yg tinggi, tapi efek kerusakan yg ditimbulkan pd rambut juga besar. Developer berfungsi mengangkat kutikula rambut
      utk membuka jalan bagi zat bleaching atau pewarna shg bisa masuk ke dlm rambut. Kita ambil perumpamaan kutikula itu ibarat pintu jendela, dev 6% mbukanya sedikit2 sementara dev 12% mbukanya cepet, langsung lebar

      Delete
  41. Hai kak,
    ini aq uda bleaching kira2 nyampe di level 6-7. Kalo mau di warna ash brown, perlu bleaching lagi ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Kalau udah level 7, pakai cat permanen mestinya bisa

      Delete
  42. Halo ka
    Saya kemarin udah coba bleaching rambut pake miranda , terus mungkin karna level nya kurang buat ash grey , warnanya jadi keemasan/ash brown gitu , mo jadiin ash grey dibleaching lagi bisa? Ato nunggu rambut virgin lagi bagusnya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, iya bisa dibleaching lagi. Kl nunggu virgin nanti mulai dari nol

      Delete
    2. Kak ini rambut aku udah level 7 warna orange kekuningan semisal aku mau warna grey udah bisa masuk ga ya?

      Delete
    3. Halo..
      Kl rambutnya msh kuat, coba bleaching 1x lagi smp ilang orangenya.

      Delete
  43. kakk saya bleaching sudah level 7 oranye keemasan kan mau diwarnain oke miranda yg pink kira² butuh dibleacging lg ga ya? kl iya butuh brpa level lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kl mau warna pink sprt yg di kemasannya, iya butuh bleaching lagi. Kl gak, nanti warnanya pink campur keemasan

      Delete
  44. Hy mau tanya untuk rambut virgin, apakah memungkinkan untuk bleaching rambut 2 s/d 3 kali sehari?
    Setelah proses bleaching selesai apakah boleh langsung melakukan pewarnaan di hari yg sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Bleaching lbh dr 1x dlm 1 hari bisa aja, tp kurang direkomendasikan. Kl mau dicoba, jgn lupa lakukan perawatan di antara sesi bleaching. Pewarnaan bs dilakukan langsung sesudahnya

      Delete
  45. Kak recommend cat rambut warna ash brown yang bagus dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, saya pernah pakai Majirel 8.12 dan cukup puas dg hasilnya

      Delete
  46. Halo kak, blognya sangat bermanfaat hehe :) . Mau tanya nihh, aku udh bleaching sampe level 7.. Kira kira kalau ditimpa warna ungu bakal nyala ga yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Makasih udah mampir :) kl mau ungu nyala kayanya masih butuh bleaching sekali lagi deh

      Delete
  47. kak mau nanya, aku baru banget bleaching rambut, sebelumnya rambut aku belom pernah aku apa-apain, setelah dibleaching warnanya jadi oren kemerahan gitu, butuh berapa kali bleaching lagi biar bisa diwarnain abu-abu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi brbagi pngalamn sja yaa ,jika dsr rambut nya orange kemerahan berati itu lv 4,jika pgn wrna abu2 bgt hrus smpe level10(pale yellow) brarti kemungkinan bisa dua x bleaching ,kalo bleaching prtama nnti hasil rambut akan mnjadi di lv 7(yellow) dan itu msih blm juga masuk abu2nya kalo d wrna lv itu, jdi mesti sekali lagi di bleaching supaya dpt d lv 10,tp aku saranin pake 30vol9% aja ,atau trgantung jga jenis rmbutnya kalo tipis setiap helaian yaa cpt masuk klo tebal agak lama dan hrs sbr ,tp prlu d ingat stelah d bleaching msti prwatan extra krna mnyabkn rmbut kering patah rusak, dan wrna2 dingin sprti abu ini cpt pudar wrnanyaa kalo sering2 d keramas ,kecuali pake sampo yg untuk wrna2 bgini supaya tetap bagus warna rmbutnyaa ,

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Halo, Nida.. makasih udah mampir & share pengalamannya :)

      Delete
  48. Kak mau nanya kalo mau warna golden brown tanpa bleaching itu bisa ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. pigmen rambut kita aslinya mengandung warna kemerahan dan keemasan. Utk warna golden brown bisa tanpa bleaching, tergantung tingkat gelap-terang yg diinginkan

      Delete
  49. Halo kak, aku baru mau mulai cat rambut, aku mau rambut bawahnya jadi warna navy, aku rencananya mau bleach pake miranda + developer matrix lv 20, antara 1-2x, trs d tutup foil, trs pake miranda blue, miranda blueny kira2 pake developer lg atau D campur pake conditioner aja kak? trs di tutup foilny kira2 brpa menit ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Pertama2, cat Miranda (misal blue) itu masuk kategori cat permanen, jadi butuh developer utk mengaktifkan zat pewarnanya. Beberapa orang yg mencampur cat permanen dg developer dan conditioner biasanya tujuannya utk mengurangi intensitas warnanya. Kl mau yg tanpa developer bisa pakai cat tipe direct dye. Kedua, lamanya nutup foil itu maksudnya sewaktu bleaching ya? Dicek aja kira2 setelah setengah jam pertama, sudah sesuai harapan belum. Utk bleaching yg pertama kali, bs disesuaikan dg instruksi di kemasan bleachingnya, maksimal berapa lama

      Delete
  50. Halo kak, aku baru pertama kali warnain rambut. Awalnya dibleaching sampe orange terus dipakein miranda blue black. Karena nyoba" aja dan gatau hasilnya gimana, tautaunya hasilnya dark item gitu dan birunya keluar cuma pas kena cahaya aja. Apa entar lama" kalo sampoan berkali", warnanya bisa lebih mudaan ya kak?

    Terus kalo aku pengen ganti warna lagi, apa perlu dibleaching lagi? Makasyii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kl baru sekali bleaching mungkin agak susah ya, tp bs dicoba sampoan pakai sampo yg agak keras sprt sampo anti ketombe. Tp hrs dibarengi perawatan spy gak kering. Kl mau ganti warna lagi, iya perlu bleaching

      Delete
  51. Haii kak . Aku mau ngecat rambut warna Ash Purple gituu.
    Kalo aku pake Miranda yang Grey dicampur spertiga cat Miranda yg Rose purple bakal berhasil ga ya kak? :(
    Apa aku pake ungu campur biru aja ya?

    ReplyDelete
  52. Haii kak,
    aku dulu pernah semir natural blonde truss pernah semir hitam kak,
    truss baru kemarin aku bleaching pake developer 12% hasilnya warna kuning nah aku kemarin baru semir ash blonde tapi hasilnya jadi kuning karat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaanya ketinggalan kak wkwkk, aku pengen hasilnya ash blonde apa harus bleaching lagi apa semir ash blonde aja??
      makasih kak :)

      Delete
    2. Halo..
      Umm maaf, kayanya kok gak kebayang yaa, perjalanan rambutnya udh panjang soalnya. Mungkin bs coba tes strand aja dulu utk mastiin cara mana yg bakal berhasil

      Delete
  53. Hi kak. Love your post. Thx for sharing ya.
    Aku mau tanya nih. Bertahun lalu aku pernah bleach walau cuma selebar 3jari bidangnya full dari akar ke ujung pake miranda yg kecil. Nah itu langsung ngangkat ke lv7. Nah sekarang rambutku udah virgin semua. Rencana mau coba ke ash grey full sekepala. Semalem aku coba bleach pake miranda lagi 30g+dev bawaan trus aku tambahin dev miranda lagi sama aku kasi condi dikit. Trus ga keluar dong. Paling sekitar di lv4 tapi shade paling terangnya di lv6. Kira" kenapa ya? Apa karena ditambah condi? Kalo aku mau bleach lagi hari ini gapapa ga ya? Thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir...
      Iya bisa jadi krn ditambah condi dan kayanya developernya juga agak kelebihan

      Delete
  54. rambut aku bagian luar kering, mau bleaching (blm pernah bleaching sblmnya) biar ga rusak pake apa ya? trus kalo mau bleaching pake wella harus beli developer terpisah ya? kalo abis bleaching boleh sampoan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Rambut kering maksudnya rapuh atau gimana? Bleaching yg lebih aman sih biasanya yg bentuknya krim tapi agak susah diperoleh di sini dan kalopun ada yang jual harganya mahal banget.
      Iya, bleaching wella dijual terpisah dari developernya. Setelah bleaching memang harus sampoan utk membersihkan sisa2 bleaching dari rambut dan jangan lupa perawatan

      Delete
    2. ohh gitu ya kak, kalo abis bleaching lebih bagus langsung warnain apa dijarakin juga kak? kalo dijarakin, luntur gitu ga bleachingannya? apa makin rusak?

      Delete
  55. Kak ini rambut aku highlight acak, kalo mau ngembaliin ke hitam lagi apa perlu dibleaching blok ya, apa ada alternatif lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Kl mau hitam tinggal dikasi cat hitam aja. Jangan bleaching, nanti malah tambah terang

      Delete
  56. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  57. Hai kak, blognya bermanfaat banget!☺️ Aku mau tanya nih kak, kan aku baru beberapa hari yang lalu bleaching rambut sekali dan udah di lv6/7 nah saya mau cat ash blonde perlu di bleach sekali lagi atau itu udah cukup ya kak? Sama kalo rambutnya mau aku kasih minyak zaitun sebaiknya sebelum keramas/setelah keramas kak? Tata caranya gimana untuk perawatan pake zaitun? Makasih kak banyak tanyaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir :)
      Kl masih level 6/7 belum bisa jadi ash blonde. Minimal level 9/10. Utk perawatan rambut menggunakan minyak2an caranya bervariasi, tergantung nyamannya aja. Utk yg sejenis minyak zaitun biasanya sebelum keramas krn sifatnya sgt berminyak, bikin rambut terlihat lepek, dan keramasnya juga harus bersih ya.

      Delete
  58. Minn mau nnya, rmbt aku prnh di cat pake warna hitamm. Skrg pgn di bleaching, nah kira2 kl di bleaching wrna nya jd apa yaa? Kl yg ke2x nya di bleaching wrna juga apa bakalan lebih keliatan?? Makasi minn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Ngebleaching rambut yang dicat warna hitam biasanya hasilnya sprt ngebleaching rambut yg masih virgin, coklat kemerahan

      Delete
  59. ka kalo bleaching pake Miranda cuma 1x bisa jadi abu abu ga? Tolong dijawab.makasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, belum bisa ya...
      Bisa coba baca tulisan ini yang part 1 :)

      Delete
  60. ka kalo sebelum bleaching keramas ga? bleaching nya gak sampe akar, buat ombre gitu aja soalnya

    ReplyDelete
  61. Kak, saya mau bleaching pake miranda , tapi developernya pakai 12%, untuk campurannya bagaimana ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Perbandingan bleaching : developer biasanya 1:2. Hati2 kl pakai dev 12% ya, bs merusak rambut dan menyiksa kulit kepala

      Delete
  62. Kak mau tanya nih. Aku baru aja mau mulai bleaching. Awalnya aku pernah wrnain rambut tapi gak begitu nyata dan masih keliatan hitam kaya rambut awalku. Kira-kira kalo mau mulai proses bleaching biar warna nya Oren keemasan butuh berapa kali y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Hasil bleaching tergantung kekuatan produk bleaching yg dipakai maupun kondisi rambutnya. Rambut virgin akan lebih mudah dibleaching ketimbang yang sudah pernah diwarnai. Secara common sense utk rambut asia butuh 2-3x smp level oranye.

      Delete
  63. Halo kak thx sudah sharing sangat membantu banget :)

    Aku sudah bleaching 3x pakek inaura yg 12%. Bleaching pertama ga berubah (mungkin karena terlalu lama dibiarkan diudara jdnya zat kimianya hilang), trus bleach kedua berubah ke orange-kuning tp ga rata, trus bleaching ketiga ngeratain semuanya hasilnya jadi Orange-Kuning Keemasan. Again ga rata. Kemudian aku coba warnain warna Caramel (NYU) hasilnya malah tetap ga rata dan jatohnya sebagian lebih agak men-coklatkan yg orange dan masih ada yg warnanya Orange-Kuning Keemasan tadi. Niatnya mau di gelapin ke warna Dark Brown aja soalnya takut gagal lagii :(

    Kira kira kalo aku timpa ke Dark Brown bakalan berubah bener bener Dark Brown atau engga? Atau harus bleaching lagi atau gimana? Dan produk untuk bisa menghasilkan Dark Brown yg bagus apa ya? Sumpah aku stress banget please help:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir :)
      Bleaching itu ibarat menyiapkan kanvas utk pewarnaan rambut. Kl dr awal udh gak rata, ke belakang2nya juga bakal gak rata. Aman dan gampangnya emang dibikin gelap aja. Kl warna dark brown lebih gelap dr warna rambut yg sekarang, gak perlu bleaching lagi. Tinggal ditumpuk aja. Utk warna gelap, cat merk apa pun oke aja kayanya. Tapi kl gak keberatan merogoh kantong agak dalem, menurut saya Diarichesse itu bagus dan gak ngrusak rambut

      Delete
    2. Oke terima kasih infonya. Semoga sehat selalu

      Delete
  64. kak, udah bleaching setngah (dari tengah ke bawah), hasilnya yaah ga rusak2 bgt. kering sih iya. tapi kalo rambutnya tumbuh, misal 3-4 bulan lagi, berarti rambut baru (yg deket kulit kepala) itu masi virgin kan? ga terpengaruh sm bleach yg dibawah? apa tetep ikut kering jg? wkwkwthx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Tenang, bagian rambut yg gak kesentuh bleaching maupun cat itu masih virgin kok :D

      Delete
  65. Halo kak.. saya ingin bertanya
    Jadi bulN desember lalu saya bleaching rambut full satu kepala dan yg saya dapatkan itu bleaching lv 8... nahh sekarang rambut baru saya sudah mulai panjang dan saya ingin retouch bleachingnya.. tp saya takut soalnya rambut yg sudah di bleaching itu kalo kondisinya lg basah itu kyk bisa melar gitu :( memang sih waktu itu saya pakai miranda trs saya campur developer 12% karna saya blm paham jadinya ngikutin org” yg di youtube hehe kira” aman ga ya klo saya bleach bagian yg hitamnya? Soalnya saya takut kena bagian yg bleachnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Wah kondisi rambutnya udah butuh perawatan ekstra serius tuh. Jangan terlalu sering keramas dan kl bisa ganti sampo yg mild dan sulfate-free. Utk retouch memang harus hati2 banget, jangan sampai kena yg udah dibleaching sebelumnya karena bisa patah. Kalo menurut saya mending jangan dikerjain sendiri, cari bantuan lebih baik

      Delete
  66. Halo, makasih udh mampir :)
    Tips utama supaya hasil bleaching rata adalah jangan pelit. Hehe.... Rasio bleaching:developer pada umumnya 1:2. Jangan dikasih apa2 lagi semacam condi dsb krn itu cuma utk naikin sekedar setengah level. Kalau mau rata, setiap helai rambut harus putih krn ketutup adonan bleaching, jangan sampai ada yg masih keliatan bentuk/warna rambutnya. Kalau rambutnya tebal, harus dibagi agak banyakan jadi beberapa bagian, nanti dibleaching bagian per bagian. Miranda boks kecil kl untuk rambut tebel sebahu kayanya butuh 4-5 deh. Mending nyisa adonan bleachingnya ketimbang kurang. Semoga membantu.

    ReplyDelete
  67. Rekomendasinya apa kak produk atau shampoo buat kondisi rambut yg melar gtu??contohnya shampoo yg mild dan sulfate-free itu contohnya shampoo apa kak? Dan bleachingnya pake devloper yg brp % ya klo ku mau retouch bagian rambut barunya? Terimakasih sebelumnya tipsnya bermanfaat bgt hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Kalau mau, coba perawatan pakai Olaplex. Ada yang jual share2annya di shopee atau tokopedia. Harganya lumayan sih tapi bisa dicoba. Produk perawatan rambut rusak yang pernah saya coba dan keliatan hasilnya adalah Joico K-Pak yang pernah saya tulis reviewnya di blog. Semoga membantu ya

      Delete
  68. artikelnya keren thx uuu.. mau tanya, saya udah bleaching highlight 3x hari ini hasilnya level 9 kayanya, ternyata ada yg beberapa yg masih level 6 atau 7 gitu kak, udah aku beresin (bilas-sampo-conditioner), baiknya lanjut bleach lagi minta bantuan buat nge-bleach yg blm rata pada hari ini atau besok aja kak? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir :)
      Mungkin dikasi istirahat dulu aja rambutnya. Besok lanjut lagi. Semoga berhasil

      Delete
  69. Halo.. mau lanjutin topiknya.. 😊 aku jg udah 2x bleach, rambutku sepunggung.. bleach pertama ngangkat sampe level 7 di virgin hair dan yg ud pernah kena cat sblmnya di level 6, ini pake 4 kotak miranda kecil (total 120 gram) sama developer matrix 9% d diemin 1 jam. Trs krna mau warna ash abu, ku bleach lagi yg k2x pake 3 kotak miranda bleach(90 gr) sama devloper matrix 9% trs d diemin 45 menit, berharap bs rata dan sampe level 9.. tp kok warnanya kayanya sama ya alias ga ngangkat kaya pas pertama x bleach. paling cm bbrp bagian aja yg agak terang.. apaa kurang lama di diemin ya? padahal itu kepala uda kayak ksirem cat tembok 😩 ,dan ud 45 menit hrsnya cukup. Alhasil malah cus purple shampoo dan jadinya makin krik3 krna gada yg berubah.. ☹ any tips? Soalny kayany step2nya hrsnya ud bener tp rambutny bandel..

    ReplyDelete
  70. Lalu, kalau ku lanjut cat warna ash grey gitu kira2 jadinya warna apa ya? Thank you for sharing..

    ReplyDelete
  71. kak mau nanya, perlu hair mask 2 minggu sblm bleaching ga sih? biar ga rusak katanya gitu.. yg bener hair mask nya sblm bleaching atau antara bleaching satu dan kedua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Kondisi rambut sehat mmg diperlukan utk persiapan bleaching. Gak perlu secara khusus pakai hair mask sih, cukup perlakuan baik aja misl hindari panas berlebih semacam catok atau hair dryer, juga ga boleh kena zat2 kimia semacam rebonding atau keriting. Hair mask lebih dibutuhkan utk perawatan pasca bleaching

      Delete
  72. developer cream tu dicampur sama bleaching powder atau dicampur sama pewarna rambutnya sih kak msi bingung ?ato bisa buat 22nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambut aku udh level 9 bleachingannya pgn sampe putih gt klo beli developer creamnya matrix bisa dicampur ga ke bleaching powder yg merk lain . atau developernya dicampur ke warna ashgrey aja?

      Delete
    2. Halo..
      Developer gunanya untuk membantu kerja bleaching maupun zat pewarna masuk ke dalam rambut. Jadi ya dua-duanya butuh developer. Ada sih jenis pewarna rambut yang gak butuh developer misl pewarna semi permanen, direct dye, henna, dll. Supaya gak bingung, selalu baca instruksi dan petunjuk produknya baik-baik.

      Untuk Es Kopi Jelly,
      Kl udah level 9 sepertinya bisa langsung dikasih ash grey aja

      Delete
  73. Kak saya udah bleaching 1 kali jadi Oren biar jadi abu abu di bleaching lagi apa langsung di warnai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Kalo masih orens belum bisa jadi abu2. Mgkn nanti hasilnya bisa ashy tapi bukan abu2

      Delete
  74. Kak kalo ngegabungin 2 merk bleaching itu boleh ga si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Sebaiknya jangan krn tiap merk punya komposisinya masing2. Kl bleaching dan developer beda merk masih bisa

      Delete
  75. Hai kak.. Beruntung banget bisa nemu blog ini. Mau tanya kak, kan bahan bleaching ada berupa krim dan bubuk,nah dari bubuk itu juga ada yang warna biru (cont makarizo) dan putih (miranda) . Kira2 dari kedua jenis itu ada bedanya nggak sih kak? Misal tingkat keamanan sama damage-nya ke rambut kira2 lebih aman pakai yang bubuk bleaching biru atau putih ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir :)
      Pada prakteknya ga ada bedanya antara biru dan putih. Tingkat damage lebih dipengaruhi bentuk zat bleachingnya. Katanya sih cream bleaching lebih aman ketimbang yang bubuk

      Delete
  76. halo, tulisannya bermanfaat sekali khususnya untuk yang masih awam dalam pewarnaan rambut seperti saya.
    saya mau nanya, kak. rambut saya panjangnya sepunggung dan sangat tebal. kalau saya ingin bleaching rambut, kira-kira butuh berapa bungkus bleaching dengan takaran perboksnya 30gr?
    selain itu, setelah saya baca komentar-komentar sebelumnya, kakak merekomendasikan wella blondor untuk bleaching yang ramah dikantong. kira-kira apakah bisa rambut saya naik menjadi level 8 dengan satu kali bleaching menggunakan wella blondor? saat ini rambut saya level 5, kak.
    mohon dijawab ya, kak. terima kasih banyak sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir. Senang kl tulisannya bisa berguna :)

      Kalo rambut tebal sepunggung butuh minimal 90gr bleaching + 180gr developer. Biasanya gitu sih kl yg sering saya lihat di tutorial2 highlight Youtubenya hair colorist. Pokoknya banyak aja :D Kl utk full head mungkin butuh lebih kali ya.


      Level 5 ke 8 mungkin bisa 1x bleaching pakai developer 30vol. Biasanya yg agak susah itu melewati level 7 yang banyak orens dan merahnya

      Delete
  77. Mau nanya, saya sudah bleaching 3kali...tapi warna masih hitam. Tidak berubah. Apa sudah bisa untuk mencat rambut menjadi ungu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Wah bleaching sampai 3x tapi masih hitam? Mgkn bisa dicek lagi kemarin sudah sesuai petunjuknya blm. Rambut hitam bisa ditimpa ungu tapi warnanya gak akan jadi ungu

      Delete
  78. Blognya manfaat bgt kak..
    Aku mau tanya kak, rambut aku udh di bleaching dan warnanya jdi orange, kuning,putih beda2 hasilnya 😅..
    Pengen warna rambut ash brown..
    Harus di bleaching lagi atau ditimpa warna langsung..?
    Kalo pakai toning setelah diwarna itu bisa gak buat merapihkan warna..?
    Apa malah merubah warna rambut yg udah diwarna..?

    Makasih kak sebelumnya..🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, makasih udah mampir :)
      Merapikan warna harus lewat proses color correcting, jadi rambutnya dipilih2in mana yang masih belum mencapai level yg diinginkan trus dibleaching sendiri. Kl cara yang paling gampang bisa ditoning warna gelap, langsung rata deh. Tapi misal beda2nya merata sekepala kadang bisa jadi sedikit keuntungan sih, bisa jadi kaya highlight tanpa sengaja hehe

      Delete
    2. Iya kak saya c gak masalah kalo gak merata 😅, pasrah udah berkali2 bleaching gak rata2...
      Tapi saya bingung kak, krn mau di cat ash brown apa udah bisa masuk warnanya..?
      Atau harus di bleaching lagi...?

      Delete
    3. Krn ada warna orange nya kak.. Warna orange bs masuk warna ash brown apa tetap jd warna orange..?
      Saya bleaching pakai miranda dan setiap kali bleaching saya tambahin condisioner dan minyak jaitun, mikirnya biar gak keras di rambut..
      Hasilnya rambut saya ada yg kering ada yg biasa saja, yg pasti ujung rambut udah kering..
      Rambut saya kaya burung pelatuk kak jdi saya geregetan 😁..
      Mau cpt2 diwarna..

      Delete
    4. Halo...
      Tambahan macem2 itu memang ngaruh jadi mengurangi efek kerasnya di rambut, tapi juga lantas kerja bleachingnya jadi gak maksimal krn mmg bukan campurannya. Kl cat ash brown yg dipake punya basic warna biru bisa utk menetralkan warna orange

      Delete
  79. Baca blog ini banyak info bgt thanx U
    Mau tanya dunk rambutku hitamm virgin mau di cat biru,pinginnya dapet warna seperti midnight blue
    Aku baca2 q&a di atas kalo rambut warna ampe kuning di cat biru jadinya hijau ya (kuning+biru=hijau)
    Lalu untuk dapet warna midnight blue di bleach sampe warna kaya gimana ya?
    Virgin hair dan aga2 takut sama blech nya soalnya kulit lumayan sensitif...denger2 bleach keras jg ke kulit kepala walopun ga direct kena
    Dan untuk level newbie bgt kaya aku aku harus siapin equipt apa aja kalo bisa sebut merk deh supaya ga bingung
    Thanx before....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, senang kl sharingnya bisa bermanfaat :)

      Kalau birunya kuat dan pigmented banget ga bakal jadi ijo kok. Ummm untuk newbie gimana kalo sebelum dipakai sekepala nyobain ombre aja dulu? Itung2 kenalan dulu sama bleaching

      Delete
    2. Thanx buat sarannya, fast response 👍🏼

      Delete
  80. Kak mau tanya, kmren kan udah terlanjur rambutnya cowokku ak bleaching 2x tanpa developer trs lgsung ak tumpuk cat coklat. Kalau besok ak ulang bleaching lg sm pake developer bisa gk ya? Trs mau ak ganti warna ash grey gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Wah hasil bleaching dan cat coklatnya sprt apa ya. Next stepnya tergantung dr hasil yg kemarin

      Delete
  81. Halo kak mau nanya kalau beli bleaching sama developer nya terpisah untuk campurinnya perbandingan rasionya gmn ya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Ratio standar bleaching:developer adalah 1:2

      Delete
  82. Halo kak, kalo mau ngebleaching pake merk miranda harus tambahin developer lagi atau pake yang bawaannya aja sudah cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Bleaching merk Miranda sudah sepaket dengan developer yang disesuaikan dg bubuk bleachingnya jadi bisa langsung digunakan

      Delete
  83. Kak mau tanya, aku sudah bleaching rambut sekali pakai miranda, nah nanti nya aku mau pake warna biru nya miranda, kira kira aku butuh bleaching lagi nggak ya? Dan sekalian may Tanya jarak bleaching yg pertama ke bleaching yg kedua itu berapa lama? Dan setelah di bleaching, warnain rambutnya berapa lama kemudian ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, idealnya jarak antar bleaching yg direkomendasikan adalah seminggu. Bleaching lagi atau gak itu tergantung hasil yang dimaui. Kl mau biru, harus bleaching lagi. Mewarnai bisa sih langsung setelah bleaching

      Delete
  84. Kak aku mau bleaching pake miranda,kira" klo 4 atau 5x bleaching sampai ke lvl berapa ya ? Soalnya aku mau warna lavender

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Tiap rambut beda2 ya, jadi gak bisa dipastikan. Satu2nya cara harus dicoba langsung. Warna lavender butuh bleaching smp level 10. Harus sambil diamati juga, rambutnya kuat gak dibleaching sampai segitu.

      Delete
  85. Kak kasih tau dong warna waena terang yang bisa didapatkan tanpa bleaching?

    Dan yang kedua warna yg bisa di dapatkan dalam 1 kali bleaching , terimaksih.

    ReplyDelete
  86. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  89. Seblmnya ak toning htm kak tpi udah ada 6bulanan.dan ak kemarin bleach 1 kali pake beauty labo jadi sih bleachnya tapi langsung ak warna coklat tua ..dan rambutku jadi hitam lagi.ttus ak bleach lgi 4box beauty labo tp ga masuk sama skali warnanya..cmn sdkt kmerahan..dan aku pingin bgt ganti warna selain hitm kak.solusi donk

    ReplyDelete
  90. Kak,aku kan udh bleaching 1x pake bleaching miranda trus warnanya kek kekuningan gitu kek udh level 6 lah. Kira² developernya brp persen itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo..
      Level 6 hasil bleaching itu oranye kemerahan, kurleb mirip warna orang utan. Kl dr virgin ke level 6 brarti naiknya 3-4 level. Mungkin developernya 12%

      Delete
  91. Kak aku rencana mau warnain ash blode tapi sedikit mau ada coklat caramelnya gitu,kebetulan rambut ku hitam kira kira ckup ga ya kalau developer 12% + Bleacing 1 kali ukuran miranda kecil + Ash blonde miranda ukuran kecil + Nyu caramel 1 juga? Low budget nih ,kasih tau tipsnya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Maaf agak kurang paham dg hasil yang dimau. Yang jelas warna ash blonde itu warna cool sementara coklat karamel warna warm. Utk dapetin dua2nya sepertinya hrs dihighlight dan diwarnai sendiri2. Kalau lebih mudahnya bisa dibuat ombre, beda warna atas bawah. Miranda kotak kecil cukup utk rambut pendek ya

      Delete
  92. Ka aku kan udah 2kali di bleaching tapi aku Mau warnain nyaa esok hari nya itu bakal ada hasilnya apa ga? Kalo aku besok an nya warnain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Bisa coba baca Part 1 tulisan ini ya. Hasil warna tergantung pigmen yg tersisa di dalam rambut dan yg dikandung krim pewarna

      Delete
  93. Hallo kak, mau tanya ni...
    Rambut aku ni sering di warnaiin, min 4 bulan sekli, tapi belum pernah di bleaching sich...
    Target warna sllu gak kesampaian krn mungkin gak bleacing,
    Kondisi rambut saat ini lumayan sehat, jadi saya mau nyoba buat bleacing dulu baru kemudian cari warna yang saya mau...
    Yg ingin saya tanya, masih aman gak rambut yg sering di warnai ini saya bleacing lagi baru d warnai????
    Seandainya boleh d bleacing?? Developer brp yg cocok bwt jenis rmbut saya?? 20% atau 30%???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo....
      Kl masih keliatan sehat mestinya aman kok dibleaching. Developernya kl saya menyarankan gak lebih dr 30% dan utk bleaching kulit kepala maksimal 20%.

      Delete
  94. Hai kak saya mau tanya. Rambut saya masi virgin. Setelah bleaching itu dibilas pake shampo tdk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Iya pakai sampo, supaya rambutnya bersih darj bekas-bekas bleaching, jangan lupa conditioner/hair mask ya

      Delete
    2. Kalau misal bleaching 2x. Bleaching yg pertama hrs dibilas dlu atau langsung timpa kak?

      Delete
    3. Dibilas dan perawatan dulu. Sebaiknya diberi jeda, jangan langsung 2x bleaching. Kasihan rambutnya

      Delete
  95. Halo kak, makasih ya infonya. Tulisan kaka bermanfaat bgt buat pemula kaya aku hehe
    Mau tanya nih kak, kalo bleaching pake miranda bubuk+developer bawaan aja tanpa ditambah developer lain lg itu gimana kak? Hasilnya bakalan tetep bagus ga dan naik brp tingkat kira-kira warnanya? Trus stelah bleaching kan bilas pake shampoo+conditioner ya kak, nah bisa langsung ditimpa warna yg dipengen ga dihari yg sama? Dan dalam keadaan rambut basah/kering ngeaplikasiinya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...
      Makasih udh mampir, senang kl infonya bs bermanfaat :)
      Saya blm pernah pakai bleaching Miranda jd blm pernah tahu hasilnya. Cuman saya bbrp kali nemu review yang bilang kl bikin rambut rusak. Saya kira developernya bawaannya cukup tinggi (ada saya bahas di review Miranda Ash Blonde yg terbaru).

      Utk pewarnaan di rambut non blonde, lebih kelihatan hasilnya kl di rambut kering

      Delete
    2. Oalah gitu kak, oke makasih yaa kak jawabannya :)

      Delete
  96. halo kak, aku newbie tentang hal cat rambut (blom pernah cat sama sekali) dan aku mau coba bleach sendiri di rumah trus nanti di cat pakai cat hello bubble ballet pink. boleh minta rekomendasi bleach nya ngga kak ? buat newbie kayak aku karena rambut aku (warna coklat gelap hampir hitam) sekarang gampang rontok n aku takut salah pilih bleach dan malah ngerusak rambut banget. aku juga mau warna pinknya muncul jadi kira" pakai bleach rekomendasi kakak harus di bleach brapa kali ya ? semoga dijawab ya kak thank uu

    ReplyDelete

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...