Tuesday, December 5, 2017

Review: The Face Shop Rice Water Bright Light Cleansing Oil

Sebelum mencoba TFS Rice Water Bright versi Light ini, saya biasa memakai cleansing oil Kose Softymo varian Speedy dan White serta pernah juga mencoba travel size Shu Uemura varian High Performance Balancing. Dengan demikian review saya ini akan sedikit bias karena mau tidak mau, saya akan membandingkannya berdasarkan pada pengalaman dengan ketiga produk sebelumnya.

Kesan pertama saya adalah kemasannya. Langsung demen deh sama botolnya. Bentuknya berupa botol plastik bening agak bersemu pink berbentuk melingkar dengan aplikator pump warna hitam. Ini sih favorit saya banget. Dengan aplikator pump yang dilengkapi segel penahan, isinya cenderung aman gak tumpah-tumpah meski miring-miring, higienis, dan praktis. Sementara bentuk botolnya yang lingkar sempurna relatif stabil, gak ambruk-ambruk seperti botol elips, dan enak digenggam. Nilai plus lainnya, kombinasi minimalis warna bening dan hitamnya bikin keliatan cakep buat dipajang xixixi....

   
Ada segel penahan pump





INGREDIENTS
ISOPROPYL MYRISTATE•CAPRYLIC/CAPRIC TRIGLYCERIDE•SORBETH-30 TETRAOLEATE•POLYGLYCERYL-10 DIISOSTEARATE•ORYZA SATIVA (RICE) BRAN OIL•SIMMONDSIA CHINENSIS (JOJOBA) SEED OIL•WATER/EAU•GLYCERIN•ORYZA SATIVA (RICE) EXTRACT•SAPONARIA OFFICINALIS LEAF EXTRACT•PARFUM/FRAGRANCE


Hal lain yang menarik perhatian saya berikutnya adalah konsistensi dan aromanya. Dibanding dengan produk cleansing oil yang pernah saya pakai sebelumnya, konsistensi TFS Rice Water Bright versi Light cenderung sangat encer, mirip air. Akibatnya, sekali pump, kadang produk yang keluar agak kebanyakan. Karena untuk membersihkan seluruh muka hanya butuh sedikit, saya harus hati-hati kalau menekan pumpnya. Sementara untuk masalah aroma, samar-samar saya mencium aroma wangi floral. Ini berbeda dengan cleansing oil lain yang pernah saya coba. Rata-rata yang lainnya aromanya agak aneh.

Bagaimana dengan performanya?
Untuk membersihkan make up biasa, cleansing oil ini bisa melakukan tugasnya dengan baik. Lip cream, maskara, eyeliner dan foundation bisa dibersihkan dengan tuntas. Karena sudah jarang banget dandan, saya sebetulnya hanya menggunakan cleansing oil untuk membersihkan sunscreen. Sejauh ini, saya cukup puas dengan kemampuan bebersihnya.

Konsistensinya relatif encer

Instruksi penggunaan


Make up cleansing performance
1. LT Pro Lip cream; 2. Sariayu eyeliner;
3. Sariayu maskara; 4. Bobbi Brown foundation

Untuk keperluan demo cleansing performance
di atas saya pakai tisu, bukan sesuai
dengan instruksi resminya

Ada dua hal yang membuat saya terkesan setelah pakai cleansing oil TSF ini. Yang pertama, it does have a brightening effect. Wajah jadi langsung terlihat lebih cerah seketika segera setelah proses membersihkan muka selesai. Terus terang, efek seperti ini belum pernah saya dapati dari cleansing oil lainnya. Tapi saya belum pernah memperhatikan cerahnya ini bisa bertahan sampai berapa lama.
Lalu kesan yang ke dua, menurut saya agak susah dibilas. Ini bukan kesan yang bagus sih ya. Sampai dua kali cuci muka pakai facial foam maupun sabun batang biasa, masih berasa agak licin. Ini beneran licin seolah masih ada lapisan minyak tertinggal, bukan smooth moisturized. Kalau dengan air hangat bisa agak tertolong. Setidaknya dengan air hangat, saya hanya butuh satu kali mencuci muka dengan facial foam sampai yakin sudah cukup bersih. Ini berbeda dengan produk dari Kose maupun Shu Uemura, semua bisa dibilas bersih dengan air bersuhu standar kamar mandi tanpa perlu tambahan facial foam. Tapi memang instruksi di botolnya sendiri menyebutkan bahwa untuk membilasnya bisa menggunakan air hangat maupun facial foam. Petunjuk macam ini belum pernah saya temukan pada cleansing oil lainnya. Jadi mungkin memang wajib untuk double cleansing jika memakai produk ini.

Kesimpulan sementara, TFS Rice Water Bright Light Cleansing Oil ini buat saya semacam between love and hate. Tengah-tengah aja. Gak terlalu suka karena dibilasnya lama sehingga terkadang ragu-ragu apakah sudah cukup bersih. Tapi mau dilego juga sayang, botolnya bagus soalnya xixixixi..... Ada beberapa review yang bilang kalau cleansing oil ini bikin jadi jerawatan. Hmm untuk masalah itu, saya masih belum mengalaminya sendiri. Memang akhir-akhir ini suka muncul jerawat satu atau dua. Untuk langsung nuduh si cleansing oil sebagai biang keroknya belum bisa juga, karena saya baru aja ganti merk sunscreen yang sepertinya lebih waterproof dibanding yang sudah-sudah. Padahal saya lagi agak kumat malesnya, sering ketiduran tanpa cuci muka. Jadi ya gak heran kalo agak jerawatan ehehehehee.....

**Update setelah sekian bulan:
Seperti yang saya bilang di atas, saya jadi agak sering jerawatan setelah mulai rutin memakai cleansing oil ini. Karena tersangka utamanya adalah sunscreen saya yang baru, saya pun stop pakai sunscreen tersebut sekaligus cleansing oilnya. Berangsur-angsur jerawat berhenti. Tapi ketika saya mulai pakai sunscreen tersebut lagi tanpa cleansing oil ini, jerawat ternyata gak muncul lagi. Jadi fix lah, seperti banyak review lainnya, cleansing oil ini bikin numbuh jerawat. Toss out dehh 🙄👋🗑️

No comments:

Post a Comment

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...