Friday, April 23, 2021

My Skincare Routine Sharing: pH Atau Derajat Keasaman

Setelah sempat bermain-main dengan DIY serum vitamin C, saya jadi lumayan aware masalah ph. Terlebih lagi kemudian saya mulai memasukkan acid-acid an ke dalam rutinitas skincare saya. Ternyata asyik juga bisa mengetahui standar kondisi ideal sebuah komponen skincare, semisal AHA dan BHA membutuhkan jumlah persentase dan ph tertentu untuk bisa bekerja secara optimal. Berkaitan dengan ph inilah terkadang klaim sekian persen dari sebuah produk skincare tidak menjamin bahwa yang bekerja di kulit kita memang sebanyak itu. Tapi bukan berarti kalau tidak sesuai klaim trus gak efektif ya. Gak gitu juga. Karena terkadang ada tipe kulit tertentu yang tidak kuat menerima ph yang terlalu asam atau jumlah komponen aktif yang tinggi. Akhirnya kemudian kita mendapati produk-produk  dengan klaim gentle, yang memberikan hasil secara perlahan tapi terasa lebih ramah di kulit. High potent memang beresiko high irritant juga. Di sinilah teknologi mutlak ikut terlibat sehingga produk skincare yang efektivitasnya tinggi dan aman di kulit seringkali berbanding lurus dengan harganya. Let's say serum vitamin C yang dikatakan no.1 di dunia yang dikeluarkan Skinceuticals, harganya bikin jiwa misqueen macam saya ini meringis ngeri.

Ada satu lagi yang berkaitan dengan ph, yakni acid mantle a.k.a skin barrier. Pelindung kulit kita ini punya ph sekitar 5, relatif cukup asam, jadi sebaiknya produk yang rutin ditemplokkan ke wajah gak jauh-jauh dari angka itu. 

Tujuan tulisan saya kali ini adalah untuk mendokumentasikan ph produk-produk skincare yang sedang saya pakai belakangan ini. Mumpung habis beli ph strips baru yang bagusan, saya jadi seneng banget ngetes segala macam cairan hahahaha..... Produk yang dicek ph-nya di sini tidak banyak yaa karena memang hanya berdasar barang-barang di dalam beauty case saya aja. Teman-teman yang ingin mengecek pH dari produk favoritnya atau penasaran dengan produk tertentu bisa main ke beberapa tulisan berikut:

- AHA exfoliant (artikel & spreadsheet)

- AHA-BHA exfoliant  (artikel & spreadsheet)

- Beauty cleanser/facial wash  (artikel & spreadsheet)

- Artikel berbahasa Indonesia (all about ph & daftar ph produk)








 

 Dari kiri ke kanan:

pH

1.

Hadalabo Facial Wash

±6

2.

SK II Facial Treatment Clear Lotion

±5

3.

The Ordinary Glycolic Acid Toning Solution

3-4

4.

Missha Time Revolution The First Time Essence Intensive Moist

4-5

5.

N'Pure Cactus Aloe Vera 92 Soothing Gel

±7

6.

Benton Aloe Propolis Soothing Gel

±5

7.

Some By Mi Snail Truecica Serum

5-6

 

Dari hasil eksperimen ph strip di atas, saya dapat berkesimpulan bahwa produk skincare yang saya pakai cukup aman karena ph-nya menyerupai ph alami kulit. AHA exfoliant toner yang saya punya (The Ordinary) sudah sesuai dengan klaimnya 3,6 karena ph strip menunjukkan warna antara 3 dan 4. Ph paling tinggi dimiliki oleh gel aloe vera dari N’Pure yakni kisaran 7, relatif netral. Gel ini lebih banyak saya pakai untuk pelembab tangan dan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar, melepuh, atau kulit memerah akibat terlalu lama kena sinar matahari.

No comments:

Post a Comment

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...