Sunday, March 10, 2024

Tips & Trik Menyimpan Cabe Supaya Awet Segar

Sebagai orang yang jarang nyambel dan jarang masak pedas gegara ada bocil yang lidahnya anti pedas, saya sering harus membuang cabe-cabe yang mengering di kulkas. Ya habis gimana, mau beli cabe sebiji dua biji kan ga mungkin. Ditambah penampakan cabe-cabe yang segar di warung sayur bikin imajinasi melayang, jadi ngebayangin mau masak ini masak itu. Alhasil belanja cabenya suka melebihi kebutuhan.


Cara menyimpan cabe supaya awet segar yang mau saya share di sini aslinya saya temukan secara gak sengaja. Jadi aslinya saya terbiasa menyimpan cabe secara ngasal. Setelah diambil sebuah dua buah, sisanya digeletakin di kulkas gitu aja, masih dalam kantong plastik yang merupakan wadah default dari tukang sayur. Kadang di rak atas, kadang di laci sayuran di bawah. Saya cenderung gak peduli karena toh dalam waktu sekian hari bakalan kering keriting atau malah mblenyek (lembek, mushy). Kesel sih, tapi mau gimana lagi.


Suatu ketika saya naruh kantong plastik isi cabe sisaan di rak paling dasar. Entah gimana, dia kedorong-dorong sampai mepet dinding kulkas belakang. Kebetulan kulkas saya sudah jelek, sering bocor dan menggenangi dasarnya. Rupanya air bocoran tadi masuk kantong cabe sampai penuh. Waktu itu saya pikir wah payah, mblenyek abis ini, jadi air asinan cabe 😅 Ternyata salah. Justru cabenya terlihat utuh, segar, dan masih mlenuk-mlenuk. Dipegang juga masih keras. Saya coba potong, langsung mak kresss.... Crunchy. Bahkan menurut saya malah lebih fresh dibanding kalau baru beli dari tukang sayur.

Jadi muncul pertanyaan, jangan-jangan cabe kalau direndam dalam air malah jadi seger. Trus muncul ide. Kayanya bisa jadi eksperimen baru nih.


Gambar Before: Sempat masuk kulkas beberapa hari,
baru kepikiran untuk bikin tulisan ini


Saya pun beli cabe lagi dari tukang sayur. Berikutnya, cabe-cabe tersebut saya bagi jadi dua kelompok. Kelompok pertama saya simpan kering dalam toples tertutup. Kelompok ke dua saya rendam dalam air di toples tertutup juga. Setelah saya lupakan beberapa hari, waktunya ditengok kembali. Dan inilah hasilnya,



Gambar After


Ternyata bukan dilupakan beberapa hari,  sodara-sodara, melainkan hampir sebulan hahahahahhh 😅 Baru nyadar waktu liat time stampnya. Foto before diambil bulan Juni, foto after diambil bulan Juli. OMG saya ternyata bisa nyimpen cabe selama itu di kulkas 🙈

Tapi bisa kelihatan kan ya. Yang disimpan dalam keadaan kering hasilnya peyot semua. Yang direndam air masih seger-seger meski airnya udah agak butek. Beberapa memang jadi lepas tangkainya, tapi cabenya masih bagus.

Fixed, ternyata menyimpang cabe dengan cara direndam air efektif mengawetkan cabe hingga hitungan waktu berbulan-bulan. Kalian bisa coba deh. Asli saya seneng banget waktu nemu cara ini.


Meski demikian, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan kalau mau pakai cara ini:

1. Sebisa mungkin jangan merendam sampai bagian pangkal tangkai. Upayakan posisinya tegak sehingga bagian cabe yang menempel dengan tangkai tetap ada di atas air. Saya memperhatikan beberapa kali, cabe yang terendam semuanya akan terlepas tangkainya dan lama-lama jadi mushy (mblenyek). 

2. Apakah harus di toples tertutup? Karena saya mengupayakan poin no.1 di atas,  saya menyimpan dalam toples untuk membantu posisi cabe tetap tegak.

3. Merendam cabe dalam keadaan tegak sebetulnya optional. Kalau gak berniat menyimpan dalam waktu lama (apalagi yang lamanya kebangetan kaya saya 😁), merendamnya masih bisa bebas kok. Tangkai cabe gak akan terlepas dan cabe gak akan jadi mushy dalam waktu dekat. Kalau cuma beberapa hari masih relatif baik-baik aja. Tangkai lepas pun gak lantas langsung lembek. Masih ada waktu jeda sekian hari. 

Ini tangkainya udah lepas tapi cabenya masih bagus


4. Sepertinya cara ini juga bisa untuk menyimpan paprika di kulkas. Tapi saya baru nyobain sekali dan kurang lama untuk dibuktikan karena keburu dipakai masak. Saya suka pakai paprika untuk menciptakan sensasi aroma pedas (aroma cabe) pada masakan-masakan yang aslinya pedas, meski rasa makanannya gak pedas blas hahaha....



Beginilah penampakan penghuni tetap kulkas saya yang terbaru
Kalau ada yang tertarik dengan cara menyimpan
wortel supaya awet, bisa main ke sini.


No comments:

Post a Comment

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...