Monday, October 31, 2016

Resep: Simple Homemade Milky Puding a.k.a Puding Sedot Buatan Sendiri Nan Gampang

Postingan resep perdana!!!
Wahahaha gak pernah kebayang sebelumnya, bakalan posting resep di sini. Ini blog random bener yak isinya *ketawa gila sambil pukul-pukul meja*

Jadi awalnya, saya terkesan banget waktu dioleh-olehin milky puding Milky Way oleh adik saya dari Jakarta. Saking ketagihannya, saya sampe mikir kulakan buat dijualin di sini biar ada alasan beli terus :D. Tapi apa daya, tempat ambilnya lumayan jauh dari tempat tinggal adik saya, jadi gak mau deh kalo sampe ngrepotin. Belum lagi mikir gimana kirimnya, secara adik saya gak pernah jadwalin pulkam secara berkala. Karena ada tetek bengek ini itu, kebayang deh cost tambahan yang harus diperhitungkan. Bakalan bikin harga jualnya gak masuk akal. Akhirnya, kandas sudah cita-cita makanin puding berkedok jualan.

Pic puding Milky Way hasil comot di internet
Suatu hari, saya lihat yang mirip di Amplaz. Ada stand yang jualan puding di botol. Cuman tampilannya gak semenarik preseden puding yang sudah melekat dalam memori saya. Meski begitu, saya tetep coba beli. Siapa tau sama enaknya, lumayan gak usah jauh-jauh ke Jakarta demi makan puding, mana harganya lebih murah lagi. Ehh taunya mengecewakan. Sensasi rasanya lebih mirip puding susu biasa yang diwadahin botol. So plain. Gak nendang blas. Ah gak asik ah.

Lalu saya pun memupuk mimpi, suatu hari mau bikin sendiri aja lah. Dalam hati, saya bercita-cita untuk hunting resep via mbah Google. Tapi apa nyana. Saya terlalu sibuk cari resep variasi lauknya si kecil. Tahun berlalu, mimpi pun tinggal mimpi, terkubur di bawah realita hidup *apa sihh* Sampai suatu ketika gak sengaja liat postingan di grup NCC. Pucuk dicinta, resep datang sendiri.

Ternyata, si milky puding ini punya nama populer lain, yakni puding sedot. *aduh gak enak banget nyebutnya, jadi inget temen KKN yang anaknya rada saru, kebayang tampang dia bilang sedooott* Well oke baiklah, mari kita bersihkan pikiran dan kembali ke jalan yang benar. Nah begitu liat bahan-bahan di resepnya yang cukup umum dan mudah dicari, langsung saya save di note dan mimpi pun mulai berubah menjadi rencana belanja bahan.

Yah namanya rencana, kumat lagi deh, cuma jadi rencana doang. Tapi beruntung, kali ini gak perlu kelamaan jadi rencana. Sesuatu yang bernama kepepet memaksa saya mengeksekusi rencana tersebut secara dadakan. Konsekuensi dari eksekusi dadakan itu adalah modifikasi resep habis-habisan dengan bahan seadanya.

Jadi gini masalahnya. Susu UHT plain ukuran besar di rumah sudah dibuka sekitar dua harian. Rencana buat variasi susunya si kecil. Ternyata dia lagi gak mood. Sayanya jadi males ngasih lagi *emak pemalas, jangan ditiru* Lalu terpikir oleh saya, gimana kalau susunya dimasak aja, biar lebih awet disimpen dalam kulkas. Nah mendadak muncul ide untuk eksperimen nyoba bikin milky puding. Kalau saya amati, komposisi bahan dari resep di atas sepertinya prinsip dasarnya adalah susu dengan tekstur yang dibuat menjadi jelly. Hmm oke, kayanya bisa deh nekat eksperimen dengan modal cemplang-cemplung dan takaran ilmu kira-kira. Kalaupun gagal, toh tetep jadi susu *worst scenario*

Saya awalnya gak pede pas liat hasilnya. Jangan-jangan rasanya gak karuan. Ya sudahlah, pikir saya, yang penting berhasil dapet tekstur yang diharapkan dan bisa bikin layer dengan sukses. Eh tapi pas buka satu botol tester, serumah bilang enakk. Kebetulan semuanya penggemar cokelat. Anak saya sampai rebutan sama eyangnya. Jadi pengen mengabadikan momen indah ini deh *cieehhh*

Bagian yang paling menyenangkan buat saya
sebetulnya adalah ngatur gaya botol buat foto-foto gini hehe...
Target saya berikutnya (baca: kapan-kapan kalo sempet lagi) adalah bikin dua versi. Yang pertama versi yang balita friendly dengan mengurangi takaran gula supaya gak terlalu manis. Repot nanti kalo dia ketagihan rasa manis. Sementara versi satunya adalah versi orang dewasa. Yang ini bisa bikin rada enakan seperti menambah saus buah, selai, remukan biskuit semacam Oreo atau potongan buah untuk variasi layernya. Kayanya yummy deh....

Nah berikut adalah resep modifikasi saya. Mohon maaf jika patokan takarannya gak baku, karena memang semuanya berbekal kira-kira. Tapi sebetulnya ini tidak butuh takaran yang strict seperti kue-kue baking kok.

Sendok sayur yang saya pakai berdiameter 56mm
dengan kedalaman cekungan ±17mm
Bahan dasar puding:
Susu UHT ± 800ml
NutriJell puding susu strawberry - 2 sendok sayur
Gula pasir - 3 centong susu Morinaga
Garam - 1 sendok kecil (sesuai selera)
Tepung Maizena ± 2 sdm (dilarutkan air matang)

Untuk puding coklatnya, saya membuat campuran pasta coklat dengan bahan sebagai berikut:
Coklat bubuk
Air panas secukupnya
Susu kental manis secukupnya

Cara membuat:
Pasta cokelat
1. Larutkan cokelat bubuk dengan air panas secukupnya hingga membentuk pasta
2. Masukkan susu kental manis sambil cek rasa hingga diperoleh rasa yang dikehendaki
3. Sisihkan

Puding
1. Campurkan semua bahan dasar puding, kecuali larutan  tepung Maizena
2. Tes rasa
3. Masak bahan dasar puding dengan api sedang
4. Sering diaduk pelan-pelan biar tidak menggumpal/menempel di panci
5. Sebelum mendidih, campurkan larutan tepung Maizena
6. Setelah mendidih, angkat dari kompor
7. Adonan puding disisihkan separuh untuk dicampur dengan pasta cokelat

Teknik memasukkan ke dalam botol:
1. Sediakan corong untuk memudahkan penuangan adonan puding
2. Tuangkan layer pertama yang dikehendaki
3. Tunggu sampai layer pertama mengeras, baru dituang layer berikutnya
4. Masukkan ke dalam kulkas

Tips & catatan tambahan:
1. Sebelum dituang, tunggu sampai uap air habis dari adonannya. Jangan kaya saya, buru-buru tuang (karena sambil nyuapin dan ada yang merengek-rengek ngajakin tidur).
2. Supaya layer pertama cepat mengeras, bisa dibantu dengan merendam botol di air dingin
3. Resep di atas menghasilkan 6 botol saji (sisa sedikit). Botol yang saya gunakan adalah jenis botol kaca untuk ASI perah, sama seperti botolnya Milky Way.

Selamat bereksperimen ^^

No comments:

Post a Comment

[Part 2] Skin Journal, A New Journey - [Review] Laneige Clear-C Advanced Effector EX

Saya menulis part 1-nya ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Dan habis itu lama banget ninggalin janji bikin part 2 yang tak kunjung te...